Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Marching Band Symphony Rama Universitas Jember (Unej) berhasil memborong 6 penghargaan di ajang Indonesia Drum Corps International (IDCI) 2024 yang digelar di Benteng Reborn Stadium, Kota Tangerang Banten pada 1-4 Agustus 2024.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Indonesia Drum Corps Association (IDCA) yang bekerja sama dengan Drum Corps International (DCI) Amerika Serikat.

"Di bawah arahan tim pelatih Bapak Adhika Nandiwardhana Dianastya, kami berhasil menyabet 6 kejuaraan sekaligus dengan berhasil menyisihkan 32 tim lainnya yang berasal dari empat negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong," kata Sekretaris Umum UKM Marching Band Symphony Rama, Aisus Silmy dalam keterangan yang diterima di Jember, Kamis.

Enam penghargaan tersebut di antaranya adalah Juara 1 Drumline Battle Challenge Class, Juara 1 The Best Costume Battle Challenge Class, Juara 3 Soundsport Challenge Class, Juara 1 The Best Visual Performance, Juara 2 The Best Overal Impression, dan Juara 3 The Best Drum Major.

Baca juga: Pengamat Unej: Pembunuhan pemimpin Hamas bukti Israel antiperdamaian

Baca juga: Mahasiswa Unej ciptakan adjuvan organik berbasis panel surya


"Persiapan untuk kejuaraan itu sudah sangat matang dan kami lakukan dari jauh-jauh hari," tuturnya.

Keseluruhan tim terdiri dari 60 pemain dan 20 official itu telah menjalani latihan rutin yang intensif selama tujuh bulan, dimulai sejak Januari hingga Juli 2024.

Dalam persiapan itu, tim Marching Band Symphony Rama Unej sempat menemui beberapa kesulitan, namun masih diatasi.

"Untuk pertama kalinya Marching Band Symphony Rama mengikuti kegiatan besar bertaraf internasional dengan komposisi fullband," katanya.

Hal itu membuat serangkaian proses persiapan yang dilakukan tim Unej kurang terstruktur dengan baik, masih banyak hal-hal yang masih belum bisa diprediksi, namun dengan kerja keras dan niat yang kuat akhirnya bisa dilewati.

Pelatih marching band Adhika Nandiwardhana Dianastya mengatakan bahwa dari kejuaraan itu tim Marching Band Symphony Rama Unej membawa pulang 1 buah Trumpet dan 4 buah Cymbal sebagai hadiah.

"Saya berharap ke depannya UKM Marching Band Symphony Rama bisa terus berkembang dan mengikuti kompetisi bergengsi lainnya," katanya.

IDCI 2024 merupakan ajang bertaraf internasional pertama yang diikuti Marching Band Symphony Rama dan melalui capaian yang telah berhasil diraih itu diharapkan dapat menjadi pijakan semangat dan motivasi untuk mengikuti kompetisi lain yang akan datang, sehingga berdampak positif juga terhadap Unej.*

Baca juga: 10 Mahasiswa Unej KKN kolaborasi internasional di Timor Leste

Baca juga: Peneliti Unej ciptakan mesin FS-UV atasi kesulitan air bersih

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024