Jakarta (ANTARA) - Operator seluler bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom Group, Telkomsel, berencana memperluas cakupan jaringan 5G di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

"Jakarta mau kita geber (dorong) 5G di seluruh wilayah Jabodetabek, baik di dalam kota maupun kota sekitarnya," kata Direktur Utama Telkomsel Nugroho saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Jangkauan 5G Telkomsel saat ini menjadi yang terbesar di Indonesia dan mencakup seluruh pulau besar di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel dan Singtel hadirkan solusi berbasis 5G untuk korporasi

Sejak pertama kali menggelar 5G pada 2021 hingga saat ini, jangkauan jaringan tersebut berada di 716 situs dan 53 kota di Indonesia.

Jangkauan 5G Telkomsel di Jabodetabek sudah mencakup 15 kota/kabupaten, sementara di Jawa sebanyak 11 kota. Di Sumatera, jaringan 5G operator seluler tersebut berada di 11 kota.

Jaringan 5G Telkomsel sudah ada di lima kota di Kalimantan, enam kota di Sulawesi dan tujuh kota di Bali dan Nusa Tenggara. Di Papua, 5G Telkomsel berada di satu kota.

Baca juga: Telkomsel dan Ericsson berkolaborasi perkuat pengembangan evolusi 5G

Wakil Direktur Strategi Teknologi dan Inovasi Produk Konsumen Telkomsel Ronald Limoa mengatakan mereka juga terlibat dalam uji coba 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya dalam uji coba kereta tanpa rel.

Telkomsel juga terlibat dalam penggelaran 5G untuk sejumlah acara besar, seperti KTT ASEAN 2023 dan Moto GP Mandalika 2023.

Telkomsel saat ini memiliki 265,9 ribu unit BTS yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, 716 di antaranya ialah BTS 5G yang tersebar 53 kota/kabupaten.

Baca juga: Huawei-Telkomsel tandatangani MoU percepat pembangunan digital

Sementara itu, jumlah pelanggan seluler mobile mereka berjumlah 159,9 juta orang, naik sebesar 4,3 persen secara tahunan.

Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar jaringan 5G, yaitu pada 2021. Pada tahap awal penggelaran, jaringan 5G Telkomsel mencakup 26 klaster di sembilan kota besar di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel optimalkan 4G dan 5G dukung konektivitas KTT ke-43 ASEAN

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024