Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengharapkan agar pameran Jakarta International Investment, Trade, Tourism, and SME Expo (JITEX) 2024 mampu membawa produk lokal ke mancanegara.

"Kita harus bangga bahwa produk-produk UMKM kita sebenarnya nggak kalah bagus. Maka dengan JITEX, mancanegara bisa memperhatikan kita untuk melakukan transaksi," kata Heru dalam sambutannya saat pembukaan JITEX 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), di Jakarta, Rabu.

Heru juga menyampaikan, Jakarta harus mandiri dalam segi ekonomi, terlebih dengan berubahnya nama DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Oleh sebab itu, lanjutnya, seluruh lapisan masyarakat pun harus semakin berbenah diri dan melakukan inovasi, agar Jakarta tetap bisa menjalankan roda perekonomian dan mewujudkannya menjadi kota global.

Heru juga berharap, acara tersebut dapat terus diselenggarakan setiap tahun sehingga Indonesia, khususnya Jakarta, bisa mempromosikan produk-produk lokal ke luar negeri.

Baca juga: DKI tingkatkan pembinaan UMKM agar makin positif bagi perekonomian

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, Jakarta sendiri memiliki prospek yang sangat besar di dunia internasional.

Sehingga dia menilai, penyelenggaraan pameran tersebut diharapkan dapat menarik pembeli baik lokal maupun nasional agar mendorong pertumbuhan ekonomi dan memantapkan Jakarta sebagai destinasi utama untuk bisnis dan pariwisata secara global.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati menjelaskan, JITEX 2024 merupakan kegiatan pertama berskala internasional yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Tujuan dari kegiatan tersebut tak lain untuk mewujudkan Jakarta sebagai pusat pameran yang dikunjungi oleh pembeli juga investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Gelaran JITEX juga bertujuan untuk mendukung aktivitas turis untuk berwisata dan berbelanja di Indonesia.

Baca juga: Songsong Jakarta jadi kota global, Pemprov DKI akan gelar JITEX 2024

“JITEX juga digelar untuk mendukung Jakarta sebagai pusat perdagangan ekspor produk lokal dan UMKM untuk mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global Berjuta Pesona,” jelas Sri.

Sri melanjutkan, kegiatan tersebut turut mengundang berbagai pihak terkait baik dalam maupun luar negeri di antaranya para pembeli, investor, kementerian lembaga, asosiasi, pelaku usaha lokal maupun pembeli internasional.

Negara-negara yang mengikuti pameran tersebut antara lain yakni India, Malaysia, Polandia, Filipina, Thailand, Laos dan Hongkong.

JITEX 2024 yang diikuti oleh 315 peserta itu diselenggarakan mulai 7 hingga 11 Agustus 2024 dengan rangkaian acara sebagai berikut:

1. Pameran digelar pada 7 hingga 11 Agustus;
2. Gala Dinner pada 8 Agustus bertempat di Balai Agung Kota Jakarta;
3. JITEX Mega Sale pada 10 dan 11 Agustus;
4. Business matching pada 7 hingga 9 Agustus dengan peserta dari Kementerian Lembaga, Pemda, pembeli internasional, BUMD, BUMN dan swasta;
5. Pangan murah yang bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) digelar pada 10 dan 11 Agustus. Tersedia paket sembako dengan harga normal Rp130.000 menjadi Rp100.000.

Baca juga: 385 ribu UMKM tergabung di program Jakpreneur untuk kembangkan usaha

 

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024