jalan baru ini nantinya akan menghubungkan antara Desa Belumai I dengan Desa Belumai II
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0409 Rejang Lebong, Bengkulu, Tahun 2024 di Kabupaten Rejang Lebong saat ini tengah membangun sejumlah fasilitas dasar yang dibutuhkan masyarakat.

Komandan Satgas TMMD ke 121 sekaligus Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Arh M. Erfan Yuli Saputra di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan program TMMD itu dipusatkan di Desa Belumai I dan Belumai II, Kecamatan Padang Ulak Tanding terhitung sejak 23 Juli 2024 lalu.

"Sasaran kegiatan fisik TMMD reguler ke 121 Kodim 0409 Rejang Lebong Tahun 2024 ini ialah pembukaan jalan sepanjang 3.212 meter dengan lebar 8 meter, kemudian pembangunan jaringan pipa air bersih dan pembuatan sumur bor, pembuatan tujuh unit plat duiker," kata dia.

Dia menjelaskan, untuk kegiatan fisik lainnya ialah berupa rehab mushalla, rehab gedung BUMDes, pembangunan empat Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta penanaman 2.500 pohon.

Sedangkan untuk kegiatan non fisiknya, kata dia, berupa pelayanan kesehatan, donor darah, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum, kerukunan antar umat beragama, penyuluhan stunting, bela negara, dan pemutaran film perjuangan.

Baca juga: TMMD Kodim Rejang Lebong menyediakan sarana air bersih warga
Baca juga: TMMD ke-121 buka jalan penghubung perbatasan dua kabupaten di Kalsel


Ia menjelaskan, untuk pengerjaan pembukaan jalan sepanjang 3.212 meter itu, saat ini sudah mencapai 2.240 meter atau 70 persen, kemudian untuk pembangunan empat unit RTLH dengan kemajuan fisik antara 49 persen hingga 69 persen.

Sedangkan untuk pembangunan satu unit sumur bor juga sudah mencapai 70 persen, rehab mushalla 72 persen, dan pembuatan tujuh unit pelat duiker tertinggi sudah 70 persen.

"Untuk pekerjaan pembukaan jalan baru ini nantinya akan menghubungkan antara Desa Belumai I dengan Desa Belumai II," terangnya.

Menurut dia, jalan ini nantinya akan menjadi akses transportasi masyarakat serta dalam pengangkutan hasil bumi berupa karet, kopi maupun sawit di wilayah itu.

Baca juga: TMMD Ke-120 Nunukan bangun berbagai infrastruktur desa
Baca juga: KSAD pastikan program TMMD selalu dievaluasi
Baca juga: TNI Manunggal Membangun Desa upaya cegah stunting dan tingkatkan SDM

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024