Ini tentu sangat bagus ya, dengan lebih lama kita uji coba, maka temuan-temuan di lapangan dapat terinventarisir untuk kemudian dilakukan penyempurnaan
Tangerang (ANTARA) - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jenderal TNI (Purn) Wiranto mengapresiasi rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk membiasakan makan bergizi gratis hingga tiga bulan.

"Ini tentu sangat bagus ya, dengan lebih lama kita uji coba, maka temuan-temuan di lapangan dapat terinventarisir untuk kemudian dilakukan penyempurnaan," kata Wiranto saat meninjau pelaksanaan uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN Sukasari 4 dan 5 Kota Tangerang, Banten, Rabu.

Wiranto menerangkan pelaksanaan uji coba MBG di Kota Tangerang merupakan langkah untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang berpotensi muncul selama pelaksanaan program MBG di tingkat nasional nanti.

Baca juga: Gibran: Biaya makan gratis di tiap daerah berbeda, Tangerang Rp15.000

"Jadi hasil evaluasi dalam pelaksanaan uji coba akan dibawa ke tim pusat untuk dibahas dan dicarikan solusi, termasuk masukan dari berbagai pihak," ujarnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menerangkan program membiasakan MBG tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan mulai dari 12 Agustus hingga 12 Desember 2024.

"Setelah uji coba MBG ini selesai pada tanggal 9 Agustus, maka mulai pekan depan akan dilanjutkan dengan program membiasakan MBG yang melibatkan 60 sekolah selama tiga bulan. Dimana setiap satu hari akan ada satu sekolah yang melaksanakan MBG," katanya.

Baca juga: Wali Kota: Biaya uji coba makan gratis Tangerang dari dana BOS daerah

Perlu diketahui Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba Program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Pada 1 Agustus 2024 Pemkot Tangerang bersama JW Movement menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional Program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Lalu dilanjutkan uji coba pada tanggal 5 - 9 Agustus 2024 di 34 sekolah dengan sasaran 27.555 siswa. Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pemantauan secara langsung pada 5 Agustus 2024 dan mengapresiasi kesiapan Pemkot Tangerang dalam menerapkan program makan bergizi gratis.

Baca juga: Gibran: Menu makan bergizi gratis bisa diganti, asal terpenuhi nutrisi

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024