Jakarta (ANTARA) - Spanyol memenangkan medali emas estafet jalan cepat maraton campuran yang baru pertama kali dilombakan dalam Olimpiade, setelah duo Alvaro Martin dan Maria Perez finis dalam 2 jam 50 menit 31 detik.

Pasangan Ekuador yang terdiri dari juara dunia jalan cepat 20 km putra Brian Pintado dan Glenda Morejon mendapatkan medali perak setelah membukukan waktu 2 jam 51 menit 22 detik.

Duo Rhydian Cowley dan Jemima Montag dari Australia memperoleh medali perunggu setelah finis urutan ketiga dengan 2 jam 51 menit 38 detik.

Spanyol sejak awal difavoritkan menjuarai nomor yang baru dilombakan dalam Olimpiade Paris 2024 itu karena keduanya merupakan para juara dunia dalam nomor itu pada kategori putra dan putri.

Perez dan Morejon bertarung ketat pada putaran keempat dan terakhir dalam lomba yang dilangsungkan di tepi Sungai Seine dan melewati Menara Eiffel di pusat kota Paris itu.

Pasangan Spanyol itu nyaris kehilangan medali karena hampir saja terkena kartu merah yang membuat mereka bisa terkena penalti.

Estafet jalan cepat maraton adalah cabang baru di Olimpiade yang menggantikan jalan cepat 50 km putra, yang pertama kali dimainkan dalam Olimpiade 1932 tapi belum lama ini dibatalkan demi meningkatkan kesetaraan gender, demikian AFP.

Baca juga: Simone Biles lega bisa persembahkan medali emas untuk Amerika Serikat
Baca juga: Atlet hoki Australia ditangkap polisi Paris usai terciduk beli kokain
Baca juga: Tom Cruise dikabarkan tampil dalam upacara penutupan Olimpiade

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024