Jakarta (ANTARA) - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri(BSKDN) Kementerian Dalam Negeri mendorong daerah di Indonesia mencetak lebih banyak wirausaha muda guna meningkatkan perekonomian negara.

Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo mengatakan pemerintah daerah (Pemda) di Indonesia baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota, perlu belajar dari kesuksesan Pemerintah Kota (Pemkot) Taito Jepang yang telah berhasil meningkatkan perekonomian lokal melalui kontribusi yang optimal dari para wirausaha muda.

"Kami dukung sekali daerah membentuk wirausaha muda setidak-tidaknya empat persen dari total penduduk usia kerja. Sekarang ini kita posisinya baru sekitar mendekati dua persen sebagai pemilik usaha ya bukan sebagai pekerja," kata Yusharto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya sangat antusias menggali beragam informasi terkait upaya Pemkot Taito menumbuhkan minat masyarakat untuk berwirausaha.

Tidak hanya terkait regulasi yang dipakai, pihaknya juga ingin mengetahui cara Pemkot Taito dapat menciptakan wirausaha muda yang berkualitas.

"Untuk itu kami sangat senang berada di fasilitas ini, dan barangkali bisa mendapatkan penjelasan yang lebih detail untuk kami, yang berkaitan dengan pembentukan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang bersertifikat," jelasnya.

Di lain sisi, Yusharto juga ingin mendapatkan gambaran soal dukungan modal dalam wirausaha, apakah Pemkot Taito memiliki skema yang sama dengan pemerintah Indonesia yakni memanfaatkan pinjaman bank atau ada alternatif lain.

"Kalau di Indonesia itu lebih kepada bank, setiap bank itu diberi jatah harus mengeluarkan kredit berapa besar kepada UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), apakah di bank-bank komersial di Jepang juga seperti itu atau dari pemerintah daerah," tambah Yusharto.

Tidak hanya itu, menurutnya, untuk memacu pertumbuhan wirausaha di Indonesia, daerah perlu menyederhanakan prosedur izin usaha yang kerap dinilai terlalu panjang.

Penyederhanaan birokrasi tersebut diperlukan agar masyarakat semakin terpacu untuk mendirikan usaha sesuai potensi yang dimiliki.

Selain itu, Yusharto mengajak seluruh daerah di Indonesia untuk meningkatkan kontribusi masyarakat melalui wirausaha demi perekonomian daerah yang lebih baik.

Dia berharap dengan perekonomian yang lebih baik kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat.

"Mari kita wujudkan semangat berwirausaha dalam diri kita masing-masing, kita perlu optimistis anak muda dapat berkontribusi demi kemajuan daerah masing-masing yang akan berdampak terhadap kemajuan negara kita Indonesia," pungkasnya.
Baca juga: BSKDN: Pemda perlu perbanyak wirausaha muda seperti Kota Taito Jepang
Baca juga: BSKDN-Koso Nippon dan YNS kerja sama program "review" kebijakan pemda
Baca juga: BSKDN gandeng Koso Nippon tingkatkan efektivitas program pemda

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024