Jakarta (ANTARA) - Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengapresiasi 385 personel Polri yang akan memasuki masa purnatugas atas jasa dan pengabdian yang mereka berikan kepada kepolisian.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada 385 wisudawan atas jasa, kesetiaan, dan pengabdiannya kepada institusi, bangsa, dan negara,” kata Irjen Dedi ketika memimpin wisuda purnabakti di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) PTIK, Jakarta, Rabu.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, ia menyebutkan 385 personel yang telah purnatugas tersebut terdiri dari 207 perwira menengah, 27 perwira pertama, tujuh Bintara, dan 144 PNS. Mereka telah mendedikasikan pengabdiannya pada institusi Polri selama lebih dari 30 tahun.

Ia memastikan seluruh hak personel tersebut akan terjamin karena SSDM Polri telah membangun sistem Satu SDM yang di dalamnya menyimpan semua data personel, mulai dari awal hingga pengakhiran dinas, secara digital dengan rapi.

“Kami terus meningkatkan sistem Satu SDM dan juga bekerja sama dengan Asabri agar mempermudah Purnawirawan untuk mendapatkan haknya,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, SSDM Polri juga telah melakukan berbagai langkah untuk terus meningkatkan kesejahteraan kepada anggota Polri dan Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP) yang akan memasuki masa purnatugas, salah satunya melalui latihan peningkatan keterampilan (latram).

Ia menjelaskan, kegiatan latram diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pelatihan keterampilan yang disesuaikan dengan minat para peserta, bantuan pengajuan modal usaha yang bekerja sama dengan bank nasional, serta berbagi kisah dari purnawirawan yang telah berhasil menjalani masa purna.

“Purnatugas bukan berarti kita berhenti untuk berkarya, namun justru menjadi babak baru kehidupan untuk mengembangkan minat, hobi, dan rencana-rencana yang tidak sempat terealisasi saat masa tugas,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu wisudawan, yakni Kompol (Purn) Sakimin yang sudah bertugas selama 35 tahun di Korps Brimob Polri, mengaku merasa terharu dan bangga atas pekerjaan yang telah ia jalani.

“Selama bertugas, saya berusaha menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Mengenai pengabdian, hal yang paling membahagiakan dalam hidup ini adalah apabila kita berbuat sesuatu bagi bangsa dan negara yang menurut orang lain tidak mungkin mampu kita lakukan, tapi kita bisa menyelesaikannya,” ucapnya.

Pada akhir kegiatan, Irjen Dedi bersama dengan Pejabat Utama SSDM Polri melepas 385 wisudawan secara simbolis dengan melewati lorong pedang pora sebagai tanda mereka telah menuntaskan tugas dan pengabdian di institusi Polri.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024