Jakarta (ANTARA) - Perusahaan modal ventura multi dana yang ada di bawah BUMN PT Telkom, MDI Ventures, tengah menyiapkan acara tahunannya Next Billion Ecosystem Festival atau dikenal sebagai "Nex-BE Fest" dengan menggaet Telkomsel Ventures (TSV) sebagai mitra utamanya di 2024 ini.

Ajang ini kembali dihadirkan dengan tujuan menjembatani peluang solusi dan sinergi baru dari startup digital ke dalam ranah BUMN dan berbagai unit bisnis di lingkungan Telkom Group.

"Tema utama tahun ini adalah Transformasi Digital, dimana MDI Ventures berperan sebagai fasilitator dalam mempercepat implementasi digital di ekosistem Telkom Group dan BUMN lainnya melalui solusi teknologi dari startup portofolio kami. Kami percaya bahwa transformasi digital adalah kunci. Sehingga, Fokus kami tidak hanya pada inovasi teknologi, tetapi juga pada membangun sinergi bisnis yang berkelanjutan," kata CEO MDI Ventures Donald Wihardja dalam keterangannya yang diterima, Rabu.

Nex-BE Fest akan digelar pada Q4 2024 dengan mempertemukan ratusan peserta dari startup, ekosistem Telkom Group, dan perwakilan BUMN lainnya.

Baca juga: Mengenal peran "Corporate Venture Capital" di era ekonomi digital

Baca juga: MDI Ventures kaji investasi di sektor energi baru terbarukan


Proses seleksi Nex-BE Fest akan dilakukan oleh MDI terhadap portofolio startup-startup terbaik di bawah naungan MDI dan TSV. Setelahnya proses ini dilanjutkan dengan pendataan dan pemetaan kebutuhan entitas enterprise dari Telkom Group beserta BUMN-BUMN lainnya.

Setelah pendataan selesai, pihak panitia akan melakukan analisis data dan menentukan startup mana yang akan difasilitasi lebih jauh lewat Nex-BE Fest.

“Pada tahun ini, proses seleksi memang lebih ketat untuk memastikan ketepatan sinergi antar pihak. Kami menargetkan setidaknya ada 50 startup, 25 entitas Telkom Group, serta 25 entitas BUMN yang berpartisipasi,” kata Donald.

Selain proses matchmaking sinergi MDI Ventures juga mengadakan berbagai forum dan panel untuk berdiskusi dan berbagi ilmu antara peserta dengan narasumber undangan ahli dan ditutup dengan pemberian apresiasi serta penghargaan terhadap kolaborasi terbaik.

Nex-BE Fest telah menjadi acara rutin tahunan dari MDI Ventures sejak 2022 dan telah memberikan wadah sinergi bagi para startup digital dengan berbagai perusahaan BUMN dan berbagai unit bisnis di lingkungan Telkom Group.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, acara ini mengangkat tema “Fostering Synergy Network for Stronger Digital Economic Growth” dihadiri oleh 500 peserta, baik dari sektor privat, BUMN, universitas dan lini bisnis Telkom Group.

Ada sekitar 500 sesi matchmaking yang menghubungkan 700 peserta startup dan 70 mitra bisnis yang hadir dalam total 12 sesi. Penghargaan terhadap kolaborasi terbaik di 2023 diraih oleh OPSIGO dan Mitra Tours (Patrajasa Pertamina) untuk mengelola kebutuhan pariwisata korporasi.

Melalui dukungan acara Nex-BE Fest hingga akhir 2023 tercatat ada sebanyak lebih dari 780 juta dolar AS nilai sinergi yang terbentuk antara startup dan BUMN.

Dalam data tahun ke tahun, MDI Ventures mencatat bahwa jumlah peserta yang mengikuti Nex-BE Fest 2023 meningkat sebesar 3,2x lipat, pertemuan bisnis meningkat sebesar 5,4x, dan nilai sinergi yang dihasilkan juga ikut meningkat 2,7x lipat dari awal penyelenggaraannya di 2022.

Baca juga: TelkomGroup datangkan investor danai startup senilai Rp6,19 triliun

Baca juga: MDI Ventures-Bio Farma bentuk badan investasi biayai startup kesehatan

Baca juga: Telkom bangga startup Nium yang didanai MDI Ventures jadi Unicorn

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024