Kami saat ini sudah memiliki kurang lebih 100 partner yang berbisnis dengan kami di SPBU
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga bersiap memperluas unit bisnis Bright Cafe di beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pada 2024.

"Ada (penambahan), Bright Cafe itu kita dorong di akhir tahun ini kurang lebih 20 outlet kita akan kembangkan," ujar Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Ega menambahkan pihaknya kini tengah menargetkan pengembangan bisnis tersebut di beberapa SPBU non-Pertamina.

"Saat ini, baru fokus di internal SPBU Pertamina dan beberapa aset milik Pertamina. Tapi, ke depan saya rasa ini harus ekspansi ke SPBU non-Pertamina," ujarnya.

Adapun wilayah yang menjadi sasaran yakni Jawa bagian barat, Jawa Timur, dan beberapa aset milik Pertamina di kedua wilayah tersebut.

Lebih lanjut, melihat potensi bisnis usai reorganisasi perusahaan induk yakni PT Pertamina, ia mengungkapkan Patra Niaga tengah mengembangkan usaha nonbahan bakar.

"Kami saat ini sudah memiliki kurang lebih 100 partner yang berbisnis dengan kami di SPBU, yang selain BBM, macam-macam, ada makanan dan minuman (f&b), ada auto care, mungkin ada juga restoran dan lain-lain," tambahnya.

Pihaknya menyebut telah menjalin kolaborasi dengan mitra dengan menghadirkan 1.400 jenama lokal di sejumlah SPBU.

Strategi memanfaatkan jaringan SPBU, menurutnya, menjadi hal penting dalam mengembangkan bisnis non-fuel retail.

Adapun saat ini Pertamina Patra Niaga memiliki 6.400 SPBU dan 6.700 outlet LPG di 13.000 lokasi yang strategis untuk bisnis non fuel retail.

Pada 16-18 Agustus mendatang, pihaknya juga menghadirkan Tenants Day dalam gelaran The 22nd International Franchise, License and Business Concept Expo and Conference (IFRA) 2024.

Kehadiran Pertamina Patra Niaga itu untuk memperkenalkan peluang kerja sama kepada mitra potensial.

Baca juga: Pertamina menghadirkan kafe di SPBU dan tebar hadiah
Baca juga: Pertamina hadirkan "New Bright Store" kembangkan bisnis SPBU

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024