Jakarta (ANTARA) - Departemen Ekonomi dan Pariwisata Dubai (DET) menyebut bahwa wisatawan Indonesia yang pergi ke Dubai mengalami peningkatan hingga 5.9 persen selama kurun waktu Januari-Juni 2024 yang menunjukkan popularitas Dubai kian meningkat di kalangan masyarakat Indonesia.

"Dubai menyediakan pengalaman budaya, kuliner, dan petualangan," kata Direktur Regional DET untuk Operasi Internasional Asia Pasifik Shahab Shayan saat ditemui dalam acara media luncheon di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu.

Dia menambahkan, "Dengan segala kemudahan akses menuju tempat wisata, kota ini (Dubai) menjadi destinasi persinggahan ideal untuk petualangan spontan dan tak terlupakan, semuanya dilakukan tanpa perlu perencanaan yang rumit sebelumnya".

Baca juga: Dubai ingin ubah citra destinasi pariwisata mahal

Pada tahun 2023, Dubai telah menyambut 17.15 juta wisatawan internasional yang bermalam di Dubai. Dari total kunjungan tersebut, 10 persen di antaranya berasal dari kawasan Asia Timur Laut dan Tenggara, khususnya kunjungan wisatawan asal Indonesia dengan peningkatan sebesar 5.9 persen.

Dubai memiliki daya tarik yang unik sebagai destinasi 'middle ground’ karena terdapat ragam destinasi unik yang memadukan warisan lokal dengan pengalaman kelas dunia.

Kota yang terletak di kawasan Uni Emirat Arab itu cocok disinggahi bagi wisatawan yang memiliki waktu berlibur sedikit, tetapi ingin mencari kegiatan wisata yang beragam. Mulai dari Al Fahidi Historical Neighborhood hingga Edgewalk di Sky Views, Dubai mampu memuaskan selera setiap wisatawan.

Baca juga: Tiga destinasi wisata sejarah yang bisa dikunjungi di Dubai

Reputasi Dubai semakin kuat setelah berhasil mempertahankan posisinya sebagai destinasi wisata paling populer di dunia selama tiga tahun berturut-turut dalam ajang "Tripadvisor Travellers’ Choice Awards 2024".

Prestasi yang belum pernah dicapai kota lain itu membuktikan komitmen Dubai dalam menyediakan pengalaman wisata yang aman, mudah diakses, dan berkualitas tinggi.

"Dubai adalah tempat singgah yang tepat, kami akan terus mempromosikan Dubai sebagai destinasi yang mampu menjawab keinginan beragam wisatawan, terutama ke pasar berkembang di Asia seperti Indonesia," tutup Shahab.

Baca juga: Mau liburan ke Dubai? Coba bermalam di gurun

Sementara itu, ada sejumlah keuntungan yang akan didapat wisatawan ketika pergi ke Dubai dengan maskapai penerbangan Emirates, yakni layanan program Dubai Connect.

Hanya dalam satu sistem program Dubai Connect, pengunjung dapat menikmati layanan hotel, transportasi, makan, serta layanan visa gratis sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi mediarelations@dubaitourism.ae atau hubungi nomor telepon (+971) 600 55 5559.

Kini, DET akan terus mempromosikan Dubai sebagai destinasi yang mampu menjawab keinginan para wisatawan, terutama ke pasar berkembang di Asia, salah satunya Indonesia.

Baca juga: Menjelajahi Dubai, simbol peradaban modern dan kreativitas manusia

Baca juga: Empat hal yang perlu disiapkan bila berencana melancong ke Dubai

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024