Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto memamerkan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mengajak pemimpin redaksi media nasional dan lokal berkeliling ke kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) ibu kota negara baru Indonesia itu.
 
"Kami ajak pemimpin redaksi media nasional dan lokal melihat langsung kemajuan pembangunan IKN," ujar Hadi Tjahjanto di Penajam, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu.
 
Pemimpin redaksi yang diajak berkeliling di KIPP ibu kota baru Indonesia tersebut, diantaranya 51 media nasional dan lima media lokal yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.
 
"Keliling KIPP IKN terutama melihat kemajuan pembangunan kawasan kantor kepresidenan, Istana Garuda, Plaza Seremoni dan sumbu kebangsaan, juga untuk melihat kesiapan pelaksanaan upacara kemerdekaan di IKN," jelasnya.
 
Kawasan tersebut sebagai lokasi pusat kegiatan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di ibu kota negara baru Indonesia.
 
Menko Polhukam meminta media ikut aktif mendorong pembangunan nasional terutama pembangunan IKN yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
 
"Media massa adalah inti komponen bangsa yang tidak bisa ditinggal untuk bahu membahu membangun Indonesia," ujarnya.
 
Kegiatan temu pemimpin redaksi nasional dan lokal yang dilaksanakan di IKN saat ini, kata dia lagi, merupakan momentum yang baik untuk mendekatkan hubungan antara media massa nasional dan lokal dengan pemerintah.
 
IKN merupakan pembangunan strategis nasional serta pembangunan bangsa Indonesia yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan untuk Indonesia yang semakin maju.
 
"Dengan melihat langsung kemajuan pembangunan IKN, diharapkan media massa memberitakan positif terkait pembangunan ibu kota negara baru Indonesia," ucapnya.
 
Pertemuan dengan pemimpin redaksi media bakal dilakukan secara rutin untuk membahas isu-isu strategis guna bersama membangun Indonesia, demikian Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajak sejumlah influencer (pemengaruh) untuk mengunjungi IKN dan menginap.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024