Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengatakan peran media penting dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Media bisa berkontribusi dengan menyampaikan informasi yang akurat mengenai perkembangan IKN," kata Hadi saat ditemui dalam perjalanan menuju IKN, Rabu.

Menurut Hadi, dengan pemberitaan yang akurat soal IKN, masyarakat akan selalu mendapatkan informasi terbarukan dari mulai proses pembangunan hingga manfaat adanya IKN.

Pemberitaan yang akurat dari media juga berfungsi untuk menangkal kabar bohong atau hoaks tentang IKN yang selalu muncul di media sosial.

Karenanya, untuk memperkuat peran media, Hadi hari ini mengajak seluruh pimpinan media massa untuk menengok langsung perkembangan pembangunan IKN.

Dalam kunjungan tersebut, kepada para pimpinan media dipaparkan progres pembangunan IKN secara rinci. Gambar-gambar detil bangunan di IKN ditampilkan dengan sangat jelas.

Foto-foto udara juga dipaparkan dalam kesempatan tersebut oleh Ketua Satgas Pelaksanaan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga.

Para pemimpin media itu juga diajak melihat persiapan IKN dalam menggelar upacara HUT ke-79 kemerdekaan RI yang akan digelar 17 Agustus 2024 mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo, Usman Kansong, menambahkan bahwa ini bukan kunjungan pertama para pimpinan media.

"Seingat saya, ini kunjungan yang kedua," ujar Usman.

Dengan adanya kunjungan ini, pemerintah berharap masyarakat selalu mendapatkan informasi yang akurat tentang IKN sehingga animo publik menyambut lahirnya ibu kota baru semakin meningkat.
Baca juga: Pembangunan "immersed tunnel" di IKN akan dikerjasamakan dengan Korsel
Baca juga: Kemensetneg sediakan bus untuk tamu undangan upacara di IKN

Baca juga: Menko Hadi bahas soal tanah masyarakat adat dengan lintas kementerian

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024