itu (kelab pantai) tidak dilanjutkan, jadi karena pemerintah mendorong KEK Kesehatan kami lebih mengarahkan ke 'wellness tourism' di Sanur
Badung, Bali (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa kawasan Sanur, Bali, dikembangkan untuk wisata kesehatan.

Hal ini disampaikan Sandiaga di Kabupaten Badung, Bali, Rabu, menanggapi soal rencana pembangunan "beach club" atau kelab pantai di Jalan Danau Tamblingan kawasan Sanur, Denpasar, yang belakangan sering mengalami kemacetan.

“Setelah kami melakukan pendalaman rencana, itu (kelab pantai) tidak dilanjutkan, jadi karena pemerintah mendorong KEK Kesehatan kami lebih mengarahkan ke wellness tourism di Sanur,” kata dia.

Selain wisata kesehatan, Menparekraf juga mengingatkan bahwa Bali berbasis pariwisata budaya dan kawasan.

Apabila ingin melakukan pembangunan memerlukan dukungan dari lingkungan dan melibatkan tokoh masyarakat, sehingga setiap pembangunan mendapat respons positif.

Baca juga: Kemenparekraf sebut masyarakat dapat terlibat kelola destinasi wisata

Baca juga: Menteri Sandiaga: AI bantu pariwisata RI ungguli Thailand dan Malaysia


Informasi soal rencana pembangunan kelab pantai di kawasan Sanur sendiri diketahui Sandiaga Uno dari laporan-laporan yang masuk dimana di lokasi pembangunan tersebut terpasang baliho pembangunan kelab.

Setelah ditelusuri Kemenparekraf menemukan bahwa perizinannya belum diajukan dan belum ada konsultasi dengan masyarakat.

“Kami harapkan ke depannya ini lebih guyub lah dengan masyarakat untuk dapat kesempatan memberikan masukan terhadap pembangunan dan investasi di kawasan,” kata dia.

Menparekraf sendiri tidak memiliki sentimen terhadap wisata jenis ini, sebab peminatnya memang tinggi, bahkan investor kerap kali melakukan pertemuan di tempat-tempat sejenis.

“Ada juga kelab pantai yang bertransformasi menjadi desa seperti Potato Head kan disebut Desa Potato Head, konsep baru ini yang harus kita miliki, fleksibilitas agar memberi pengalaman yang berkualitas dan tidak terlupakan bagi wisatawan,” tuturnya.

Baca juga: Menteri Sandiaga: Okupansi hotel di sekitar IKN naik menjelang HUT RI

Baca juga: Menteri Sandiaga sepakat dengan usulan penghapusan pajak tiket pesawat

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024