Khusus mengenai gim, ada kata kunci yakni inocollab, inovasi dan kolaborasi
Solo (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menyebutkan untuk membangun industri gim membutuhkan kolaborasi dan inovasi.

"Khusus mengenai gim, ada kata kunci yakni inocollab, inovasi dan kolaborasi," kata Direktur Ekonomi Digital Bonifasius Wahyu Pudjianto pada seminar bertajuk Menyambung Kebudayaan Zaman Melalui Seminar dan Pameran Industri Gim yang diselenggarakan oleh Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE) di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Terkait hal itu, pihaknya bertugas untuk menciptakan ekosistem agar ada kolaborasi dan kekuatan.

"Memang pasar Indonesia kuat tapi kebanyakan dari luar. Harapannya muncul kreator baru dan pasar berkembang, tidak hanya di Indonesia tapi juga keluar negeri," katanya.

Terkait kegiatan tersebut, pihaknya mendukung inisiatif yang telah dilakukan oleh berbagai mitra kerja, salah satunya YMIE.

Baca juga: Kemendag dukung industri gim nasional dengan buka akses pasar

"Kegiatan ini mendorong inovator yang kebanyakan anak muda untuk menciptakan gim yang bersifat edukatif. Nilai ekonomi gim sangat besar, bahkan gim ikut membangun ekonomi Indonesia," katanya.

Pihaknya mencatat saat ini ekonomi digital memberikan kontribusi sebesar 4 persen pada produk domestik bruto (PDB) dan ditargetkan pada 2045 kontribusi sektor ini bisa naik menjadi 19 persen.

"Artinya ada gap 15 persen, tapi ini untuk 20 tahun ke depan dan komponen gim ini sebenarnya bisa memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan kontribusi ekonomi digital terhadap GDP. Tentu ini butuh inovasi dan kolaborasi," katanya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum YMIE Marsudi Wahyu Kusworo mengatakan yayasan tersebut dibentuk untuk menyiapkan generasi muda menghadapi Indonesia Emas.

Ia mengatakan banyak yang memperkirakan pada tahun 2045 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor 4 di dunia.

"Sekarang Indonesia berada di posisi nomor 12, harapannya ini terwujud. Menghadapi abad emas Indonesia, salah satunya dengan menyiapkan generasi muda yang memegang tampuk ekonomi bangsa di abad emas nanti," katanya.

Ia mengatakan salah satu yang menjadi tantangan masa depan adalah ekonomi digital dan salah satu komponen ekonomi digital berasal dari industri gim.

"Industri gim ini punya potensi yang sangat besar di Indonesia, karena Bangsa Indonesia sangat kreatif, punya ide bermacam-macam," katanya.

Meski demikian, dikatakannya, masih banyak orang tua maupun guru yang mengatakan bahwa gim merusak generasi muda.

"Ini harus diubah menjadi gim yang bermanfaat untuk pendidikan, bermanfaat untuk membangun patriotisme, nasionalisme. Kalau bisa gim yang juga mengeksplor budaya bangsa ke luar negeri sehingga bangsa-bangsa luar tahu budaya Indonesia melalui gim," katanya.

Menurut dia, gim perlu diadopsi di dunia pendidikan.

"Bagaimana para guru diajarkan membuat gim yang cocok untuk pembelajaran akan memakan waktu lama, tapi yang lebih cepat para guru dikenalkan pada gim apa saja yang bisa menunjang pendidikan di Indonesia, apakah bisa diadopsi oleh mata pelajaran tertentu," katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek dukung kualitas lulusan vokasi untuk industri gim

Baca juga: Kemenkominfo mencatat mayoritas pengembang gim berada di Jawa

Baca juga: Kemenparekraf: Perpres 19/2024 perkuat ekosistem industri gim nasional

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024