Kita akan menghadapi bonus demografi, jika generasi kita bodoh maka akan tertinggal. Program makan bergizi ini adalah dalam menyiapkan generasi emas yang siap
Tangerang (ANTARA) - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto menyebutkan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program makan bergizi gratis (MBG) adalah pejuang sejati.

"Mereka yang mendukung dan terlibat dalam program makan bergizi gratis adalah pejuang sejati," kata Wiranto usai melakukan pemantauan uji coba program makan bergizi gratis (MBG) di SDN Sukasari 4 dan 5 Kota Tangerang, Banten, Rabu.

Baca juga: Bapanas pantau uji coba makan bergizi gratis di SDN 05 Cipinang Melayu

Ia mengatakan, program ini adalah bagian dari mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebab hanya bangsa cerdas yang akan bisa eksis kedepannya.

Apalagi Presiden Joko Widodo pernah mengungkapkan jika kondisi dunia saat ini sedang tidak baik - baik saja dan penuh persaingan yang cepat.

"Mereka yang menang adalah yang cepat menangkap peluang dan kita menjalankan program ini dalam menciptakan generasi yang cerdas," kata Wiranto.

Ia juga menekankan jika Presiden Terpilih Prabowo Subianto jika Indonesia saat ini menuju masa emas sehingga diperlukan kekuatan terutama menyiapkan generasi yang baik.

"Kita akan menghadapi bonus demografi, jika generasi kita bodoh maka akan tertinggal. Program makan bergizi ini adalah dalam menyiapkan generasi emas yang siap," ujarnya.

Baca juga: Bamsoet apresiasi kesiapan Kementan dalam program makan bergizi gratis

Ia juga menegaskan bila program ini bukan untuk gagah - gagahan atau mencari nama tetapi untuk kesiapan menuju Indonesia emas. "Ini adalah program perjuangan menuju emas," tegasnya.

Kota Tangerang bersama Kota Cilegon dipilih sebagai lokus untuk proyek percontohan uji coba program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

Pada 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang bersama JW Movement menggelar simulasi uji coba kegiatan strategi dan mitigasi operasional Program MBG di lima sekolah dengan sasaran 3.125 siswa.

Lalu dilanjutkan uji coba pada tanggal 5 - 9 Agustus 2024 di 34 Sekolah dengan sasaran 27.555 siswa. Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pemantauan secara langsung pada tanggal 5 Agustus 2024 dan mengapresiasi kesiapan Pemkot Tangerang dalam menerapkan program makan bergizi gratis.

Baca juga: Kota Tangerang terima bantuan 15.000 paket susu dukung makan gratis

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024