Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berencana mulai melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kantor atau groundbreaking di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 Agustus 2024 mendatang.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, lahan yang sudah disiapkan di IKN sebesar 9.000 m2.

“Mudah-mudahan tanggal 12 (Agustus 2024) groundbreaking BCA di IKN, sudah ke-7 kali berubah tanggal. Kita sesuaikan dengan Otorita IKN (OIKN). Mudah-mudahan kita doakan bersama, ini bisa berhasil,” kata Jahja usai acara opening ceremony BCA UMKM Fest di Jakarta, Rabu.

Jahja mengatakan bahwa di IKN nantinya akan dibangun kantor dan ATM di IKN. Namun untuk layanan perbankan lainnya, BCA akan menyesuaikan berbagai kebutuhan nasabah setelah groundbreaking nanti.

Selain kantor, lanjutnya, BCA berencana membangun showroom khusus UMKM sebagai tempat memamerkan produk-produk UMKM.

Jahja berharap showroom tersebut nantinya dapat berfungsi sebagai tempat mempromosikan berbagai macam produk UMKM hingga mampu menembus pasar global.

"Kita berpikir kalau kita punya showroom platform untuk ekspor, nanti kita buatkan itu secara bergantian, kita undang UMKM," ujarnya.

Lebih lanjut, Jahja menuturkan, guna mengembangkan showroom UMKM, BCA akan menggandeng berbagai bank luar negeri untuk melaksanakan kolaborasi atau business matching.

Ia melihat peluang bahwa melalui kerja sama tersebut, turut mempromosikan berbagai produk untuk nasabah mereka yang memerlukan impor.

“Dengan kita matching alliance bank dari berbagai negara, Korea, Malaysia, Singapura, ada di Thailand, Filipina. Jepang, Korea. Tapi Korea bukan Kpop, Bank Korea, Hana Bank, Woori Bank, itu alliance bank,” tuturnya.

Baca juga: OIKN ungkap BCA dan Intiland "groundbreaking" di IKN pada Agustus 2024
Baca juga: BCA beri diskon 30 persen untuk tiket konser 30 tahun band GIGI
Baca juga: PUPR: Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN terbagi menjadi tiga zona

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024