Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memantau pelaksanaan simulasi atau uji coba pemberian makan siang bergizi dan gratis di SDN 05 serta SDN 07 Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Rabu.

Pemberian makan siang gratis dan bergizi kepada siswa Sekolah Dasar itu dilakukan Masyarakat Pendukung Gibran (MPG) yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas, Nyoto Suwignyo mengatakan uji coba makan siang bergizi gratis ini dilakukan selama satu pekan.

"Ini satu langkah yang menurut kami, harus di apresiasi sebagai pemberdayaan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan," kata dia.

Hasil itu, kata dia, akan menjadi bahan evaluasi dan di input untuk menjadi masukan bagi perumusan kebijakan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Baca juga: Pakar: Program Makan Siang dan Susu Gratis perlu kementerian khusus
Baca juga: Legislator dukung program makan gratis untuk entaskan stunting
 
Sejumlah siswa tengah menyantap makanan saat mengikuti simulasi atau uji coba pemberian makan siang gratis yang bergizi dan ramah lingkungan di SDN 05 Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Rabu (7/8/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

Ketua MPG Jimmy Sidabutar mengatakan, pihaknya menyiapkan 1.300 porsi untuk siswa SDN 05 dan SDN 07 Cipinang Melayu selama satu pekan.

"Selama uji coba ini kami menggunakan dana MPG sendiri. Kami melibatkan UMKM katering dalam penyiapan bahan makanan bergizinya," ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 05 Cipinang Melayu, Wuri Dian Sari mengapresiasi dipilihnya SDN 05 Cipinang Melayu sebagai salah satu lokasi simulasi atau uji coba makan siang gratis.

"Mudah-mudahan dengan makanan bergizi, gratis dan ramah lingkungan ini, bisa menambah semangat untuk peserta didik, dan menambah nilai gizi yang diberikan oleh pemerintah nantinya dari Presiden dan Wapres terpilih, pak Prabowo dan pak Gibran," katanya.

Rencana semula, kegiatan uji coba makanan bergizi gratis itu akan dihadiri Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka, namun tidak datang karena ada kegiatan lain.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024