Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di X menarasikan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Indonesia merupakan negara yang miskin, gila agama dan suka ikut campur urusan negara lain.

Dalam unggahan tersebut juga menyertakan tangkapan layar dari media CNBC berjudul “Netanyahu Sebut: Indonesia Negara Miskin, Gila Agama, Suka Ikut Campur Urusan Negara lain” yang dirilis pada 26 Juli 2024.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Setanyahu sebut Indonesia negara miskin

Yg paling NKRI seharusnya marah dengar ini

Makanya jangan banyak korupasi tambang dll biar Indonesia Sejahtera”

Namun, benarkah Perdana Menteri Israel sebut Indonesia negara miskin dan gila agama?

 

Unggahan yang menarasikan Perdana Menteri Israel sebut Indonesia negara miskin dan gila agama. Faktanya, tangkapan layar media tersebut diedit. (X)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan CNBC tersebut merupakan editan. Unggahan asli dari CNBC berjudul “Misi Rahasia Netanyahu ke AS, Minta Restu Perang di Negara Ini”. Dalam artikel tersebut dijelaskan Amerika Serikat (AS) disebut telah memberikan dukungan penuh Israel untuk memperluas perang di Lebanon.

Dilansir dari ANTARA, Menteri Komunikasi Lebanon Johnny Corm mengatakan Lebanon tidak menginginkan perang dengan Israel dan justru lebih tertarik untuk mengurangi ketegangan di antara kedua pihak.

Klaim: Perdana Menteri Israel sebut Indonesia negara miskin dan gila agama

Rating: Hoaks

Cek fakta: Palestina resmi menjadi anggota PBB pada bulan Mei, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! Panglima Israel yang perintahkan bakar Masjid Al-Aqsa ditangkap Hamas

Baca juga: Kemlu RI imbau WNI tunda perjalanan ke Lebanon, Iran, Israel

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024