Bantul (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin bersama rombongan meninjau MuseumKu Gerabah Timbul Raharjo di kawasan sentra kerajinan gerabah Kasongan, Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.


"Pak Wapres Kyai Ma'ruf Amin tadi sangat kagum dengan Bantul terutama Kasongan ini yang merupakan sentra gerabah yang paling lengkap di Indonesia," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai mendampingi Wapres di Museumku Gerabah Kasongan Bantul, Rabu.

Menurut dia, kekaguman Wapres dengan kerajinan gerabah Kasongan yang produk industri kreatif dipajang di museum milik perajin gerabah ternama yaitu Timbul Raharjo tersebut, karena sentra gerabah Kasongan melibatkan ribuan orang.

"Jadi ada lebih dari 250 perajin, dan masing-masing perajin ini punya karyawan mulai dari yang di bawah 10 orang sampai ratusan orang seperti di Pak Timbul, sehingga total yang bekerja di sektor kerajinan gerabah saja diproyeksikan ribuan angkanya," katanya.

Oleh karena itu, kata Bupati Bantul, Wapres sangat mendukung pertumbuhan sektor ekonomi yang muncul dan berkembang dari kreativitas masyarakat perajin di Bantul ini.

"Pak Wapres sangat mengapresiasi, karena ini satu industri yang bahan bakunya itu adalah kreativitas," katanya.

MuseumKu Gerabah yang berada di Kasongan, Kabupaten Bantul ini merupakan museum yang didirikan oleh Bapak Timbul Raharjo pada 28 Oktober 2022.

Pembangunan museum ini merupakan hasil buah pikir pemilik, guna mencanangkan nama Kasongan sebagai salah satu destinasi wisata baru yaitu Gerabah Kasongan yang sekaligus menjadi wadah edukasi seni.

MuseumKu Gerabah Timbul Raharjo memiliki koleksi karya gerabah, serta koleksi karya dari Timbul Raharjo.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024