Medan (ANTARA) - Kolam Renang Selayang, Kota Medan, yang menjadi arena cabang olahraga akuatik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut telah selesai direvitalisasi dan dipastikan layak untuk digunakan.

"Seluruh sarana dan prasarana pertandingan di arena akuatik Selayang sudah siap digunakan.Dalam waktu dekat akan datang delegasi teknis dari PB PON," ujar ketua Bidang Pertandingan PB PON Wilayah Sumut Budi Syahputra, di Medan, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa arena yang berlokasi di Kota Medan tersebut akan dilakukan pemeriksaan oleh delegasi teknis dari PB PON serta selanjutnya akan dilakukan uji coba arena.

Dalam peninjauan tersebut,kata dia, pihaknya akan meminta kepada PB PON agar arena akuatik dilengkapi dengan penambahan beberapa fasilitas penunjang, sebagaimana juga hasil pemantauan dan usulan dari Pengurus Besar Akuatik Indonesia (PBAI).

Baca juga: Menpora ingatkan panitia tempatkan SDM terbaik urus pembukaan PON

Fasilitas penunjang yang perlu segera dilengkapi, antara lain papan loncat indah, papan penilaian atau scoring board, ruang untuk media hingga pencahayaan di lokasi arena.

Menurutnya, anggaran pengadaan peralatan tersebut tidak ditampung pada APBD Sumut Tahun 2024, sehingga pengadaan perlengkapan pertandingan menggunakan anggaran PB PON.

"Stadion akuatik Selayang Medan ditetapkan sebagai salah satu lokasi pertandingan berdasarkan Keputusan Gubernur Sumut No 188.44/231/KPTS/2023 tentang penetapan arena cabang olahraga PON XXI 2024 Sumut-Aceh untuk wilayah Sumut," sebut dia.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumut No 188.44/231/KPTS/2023 tentang Penetapan Arena Cabang Olahraga PON XXI/2024 Sumut-Aceh untuk wilayah Sumatera Utara, kolam renang Selayang ditetapkan untuk pertandingan renang indah, renang, polo air dan loncat indah.

Baca juga: PB PON Sumut pastikan peralatan PON 2024 sesuai spesifikasi teknis

Disamping itu, Budi menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumut terus berupaya memaksimal memenuhi kebutuhan seluruh Pengurus Provinsi olahraga termasuk cabang olahraga air tersebut.

Hal itu, lanjut dia, sebagai bentuk komitmen pemerintah setempat untuk memberikan yang terbaik untuk atlet agar tampil maksimal dan meraih prestasi di PON XXI 2024.

"Pemprov Sumut melalui PB PON tetap akan berupaya maksimal mencari solusi terbaik. Karenanya kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari kita semua," ujar dia.

Baca juga: Sudah 14.000 orang mendaftar jadi relawan PON 2024

Pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut dibuka pada 8 September 2024 di Aceh oleh Presiden Joko Widodo, dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dilansir laman Kementerian Pemuda dan Olahraga pelaksanaan PON di Aceh mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Sementara pelaksanaan PON di Sumatera Utara mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 602 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 ofisial.

Baca juga: Atlet mulai berdatangan di Aceh untuk persiapan PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024