Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) menjadi pilihan bagi para lulusan SMA/SMK/MA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dengan sistem belajar fleksibel, kuliah secara online tanpa datang langsung ke kelas atau kampus.

Kelebihan kuliah di Universitas Terbuka sangat membantu calon mahasiswa untuk berkuliah tanpa batasan apapun, mulai dari umur, tahun keluar ijazah, jarak, maupun biaya yang terjangkau. Dengan sejumlah kemudahan tersebut tentu menambah antusiasme orang untuk memilih UT.

Terlebih lagi Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu perguruan negeri tanpa ada tes masuk, sehingga sangat memudahkan untuk diterima oleh universitas tanpa rasa khawatir tidak bisa kuliah.

Baca juga: Biaya kuliah di Universitas Terbuka
 
Kelebihan kuliah di Universitas Terbuka mengutip laman resmi Universitas Terbuka:
 
1. Telah menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH)
 
Universitas Terbuka telah diresmikan oleh pemerintah sejak 2022 dalam Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka. Sehingga UT telah memilki kualitas pendidikan yang terjamin, model pembelajaran yang inovatif, dan menciptakan SDM sesuai kebutuhan industri.
 
2. Kuliah jarak jauh atau sistem online
 
Semua mahasiswa Universitas Terbuka (UT) memiliki akses dengan sistem pembelajaran mandiri yang memungkinkan untuk belajar kapanpun dan dimanapun menggunakan HP atau laptop yang terhubung dengan internet.
 
Belajar di UT sangat menarik karena memungkinkan mereka untuk belajar dengan mudah secara jarak jauh dan sesuai dengan metode pembelajaran digital, sehingga mereka dapat seraya melakukan aktivitas lainnya.

Baca juga: UT tegaskan tak naikkan UKT meski berstatus PTNBH
 
3. Waktu belajar kuliah yang fleksibel
 
Mahasiswa UT dapat menentukan waktu yang tepat bagi mereka untuk belajar mandiri. UT juga memiliki sistem kredit semester (SKS) dalam satu mata kuliah terdapat satu sampai enam SKS. Dalam satu semester, mahasiswa memiliki waktu belajar selama 16 minggu dengan mempelajari modul materi yang diberikan kampus.
 
4. Syarat masuk lebih mudah
 
Mulai dari syarat usia, tahun kelulusan SMA, tahun ijazah, status siswa sebelumnya, dan durasi lama studi tidak menjadi batasan bagi mahasiswa. Hal ini disebabkan kampus UT berprinsip tidak ada batas waktu untuk menyelesaikan pendidikan dan tidak terlambat untuk melanjutkan pendidikan.
 
5. Biaya kuliah murah
 
Calon mahasiswa dapat membayar biaya kuliah UT yang sangat murah dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Dengan biaya kuliah untuk program diploma dan sarjana yang hanya berkisar antara Rp1.300.000 hingga Rp1.900.000 per semester. Sedangkan untuk program magister menawarkan biaya tetap Rp8.500.000 per semester dan program doktor Rp12.500.000 per semester.

Baca juga: Daftar fakultas dan jurusan di Universitas Terbuka

Baca juga: Universitas Terbuka resmi perpanjang pendaftaran bagi mahasiswa baru

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024