Jakarta (ANTARA) - Aktris Inggris pemenang Oscar, Kate Winslet akan menerima Golden Icon Award (Penghargaan Ikon Emas) yang merupakan sebuah penghargaan pencapaian karir di Festival Film Zurich ke-20 mendatang.

Dilaporkan Hollywood Reporter pada Selasa (6/8) waktu setempat, Winslet akan menghadiri festival untuk menerima penghargaan pada 7 Oktober, di mana dia akan menampilkan film terbarunya “Lee”.

Disutradarai oleh Ellen Kuras, film biografi ini mengeksplorasi kehidupan model fesyen yang menjadi fotografer perang terkenal Lee Miller.

Winslet, yang berperan sebagai Miller juga ikut memproduseri fitur tersebut.

Dia akan menerima penghargaan tersebut di Zurich di hadapan putra Lee Miller, Antony Penrose, dan co-produser Lee, Kate Solomon.

Baca juga: Kate Winslet masuk rumah sakit karena jatuh saat syuting film

Baca juga: Kate Winslet menangkan penghargaan di Critics Choice Awards


Winslet telah menjadi bintang di kancah film global sejak debutnya dalam film Heavenly Creatures karya Peter Jackson pada tahun 1994.

Ia mencapai status ikon dengan membintangi bersama Leonardo DiCaprio di Titanic (1997) namun ia telah menyeimbangkan studio dengan proyek independen dan arthouse, dari Eternal Sunshine of the Spotless Mind dan Revolutionary Road to Little Children and Steve Jobs; dari penampilannya yang memenangkan Oscar di The Reader hingga perannya dalam Avatar: The Way of Water.

Dia juga pemenang Emmy dua kali dari For Mildred Pierce (2011), dan Mare of Easttown (2021).

“Kate Winslet adalah ikon sinema sejati dan bersinar melalui keserbagunaannya dalam film blockbuster studio besar serta produksi indie kecil,” kata Direktur artistik Festival Film Zurich, Christian Jungen.

“Pilihan perannya yang beragam dan kariernya yang panjang di Hollywood menjadikannya favorit penonton dari berbagai generasi,” tambahnya.

Zurich Golden Icon Award mengapresiasi pencapaian luar biasa dalam sinema global.

Adapun penerima sebelumnya termasuk Jessica Chastain, Hugh Jackman, Cate Blanchett dan Hugh Grant.

Festival Film Zurich ke-20 berlangsung pada 3 hingga 13 Oktober 2024.

Baca juga: Kata Kate Winslet soal kemungkinan "Mare of the Easttown 2"

Baca juga: Film James Bond "No Time to Die" akan diputar di Festival Film Zurich


Baca juga: Film dokumenter pembunuhan Khashoggi diputar di Zurich Film Festival
 

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024