Jakarta (ANTARA) - Konten cover lagu K-Pop dari Spotify bernama Spotify K-Pop ON! (온) Singles yang menghadirkan artis-artis seperti ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON (dari MONSTA X), dan STAYC, secara kolektif telah telah diputar lebih dari 39 juta kali.

Spotify K-Pop ON! (온) Singles menyuguhkan versi cover ENHYPEN dari lagu BTS “I NEED U”, versi SHOWNU X HYUNGWON dari lagu 2PM “I Hate You”, dan versi STAYC dari lagu TWICE “Fancy”.

“Kami sangat senang melihat bagaimana para pendengar di seluruh dunia mendukung Spotify K-Pop ON! (온) Singles pertama kami,” kata Head of Music Korea Spotify Jungjoo Park dalam keterangan resminya, Rabu.

Baca juga: BLACKPINK berkolaborasi dengan Spotify untuk rayakan ulang tahun ke-8

Baca juga: Dapatkan "role" di grup K-Pop lewat fitur "Your K-Pop Persona" Spotify


Dilansir dari keterangan resminya pada Rabu, data Spotify mencatat dalam seminggu setelah perilisan cover oleh ENHYPEN dan STAYC, di Indonesia sendiri jumlah streaming dari kedua grup tersebut secara keseluruhan naik hampir 27 persen dan 45 persen di platform streaming audio tersebut.

Kemudian, dalam seminggu setelah perilisan cover “I Hate You” oleh SHOWNU X HYUNGWON, duo ini mengalami peningkatan jumlah streaming yang luar biasa dari Indonesia, yakni sebesar 1.151 persen .

Konten Spotify K-Pop ON! (온) Singles juga menghidupkan kembali minat pendengar terhadap lagu-lagu orisinal terutama yang berasal dari generasi sebelumnya.

Versi cover SHOWNU X HYUNGWON dari “I Hate You” sukses membawa lonjakan streaming di Spotify secara global untuk lagu hits di tahun 2009 tersebut.

Dalam kurun waktu seminggu setelah peluncuran Spotify K-Pop ON! (온) Single, terjadi peningkatan streams sebesar 35 persen. Selain itu, jumlah streaming untuk lagu BTS dari tahun 2015, “I Need U”, juga meningkat sebesar 135 persen dalam seminggu setelah perilisan versi ENHYPEN dari lagu tersebut di Spotify.

Spotify juga mencatat bahwa pasar di luar Amerika Serikat dan Asia termasuk di antara negara-negara teratas yang mendengarkan kembali versi asli dari Spotify K-Pop ON! (온) Singles, menunjukkan daya tarik global kepada genre ini.

Dalam seminggu setelah perilisan cover oleh ENHYPEN, Brasil dan Turki termasuk di antara negara teratas yang mencatatkan peningkatan persentase tertinggi dalam streaming untuk lagu “I Need U” oleh BTS.

Sementara itu, Meksiko, Kanada, dan Brasil masuk dalam 10 negara teratas yang mendengarkan kembali “I Hate You” oleh 2PM setelah versi SHOWNU X HYUNGWON dari lagu tersebut dirilis.

Seminggu setelah STAYC merilis cover lagu “Fancy” dari TWICE, streaming di negara seperti Mesir, Selandia Baru, Hungaria, Republik Ceko, Portugal, dan Belgia mengalami lonjakan tertinggi.

Baca juga: Spotify hadirkan konten eksklusif TWS di K-Pop ON! Hub

Baca juga: Spotify rayakan satu dekade K-Pop ON! dengan luncurkan Spotify Singles

Baca juga: "Layover" V BTS menjadi album K-Pop tercepat raih 500 juta di Spotify

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024