Ankara (ANTARA) - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris memilih Gubernur Minnesota Tim Walz untuk menjadi pasangan calon wakil presiden (cawapres) pada Selasa dalam pemilihan presiden 2024. "Saya bangga mengumumkan bahwa saya telah meminta Tim Walz untuk menjadi pasangan calon wakil presiden saya. Sebagai seorang gubernur, pelatih, guru, dan veteran, dia telah memberikan banyak hal untuk keluarga pekerja seperti keluarganya. Senang sekali memiliki dia dalam tim," tulis Harris di X.

Pencalonan Walz mencuat setelah Harris memenangkan cukup banyak delegasi konvensi Demokrat minggu lalu untuk mengamankan pencalonan presiden partai tersebut.

Sementara Walz mengatakan bahwa bergabung dengan Harris dalam kampanye adalah "kehormatan seumur hidup."

"Saya mendukung sepenuhnya. Wakil Presiden Harris menunjukkan kepada kita politik yang mungkin. Ini mengingatkan saya sedikit tentang hari pertama sekolah. Jadi, mari kita selesaikan ini, teman-teman! Bergabunglah dengan kami," tulisnya di X.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan mundur dari proses pemilihan presiden AS pada 21 Juli melawan mantan Presiden Donald Trump, dan mendukung Harris untuk menggantikannya dalam upaya Partai Demokrat untuk mempertahankan kekuasaan di Gedung Putih.

Kehidupan Awal Walz

Walz lahir pada 6 April 1964, di West Point, Nebraska, tumbuh besar dan bekerja di pertanian keluarganya di komunitas pedesaan di bagian barat laut negara bagian tersebut.

Setelah mendapatkan gelar sarjana dari Chadron State College, dia menerima posisi mengajar selama setahun dengan WorldTeach di China.

Setelah kembali ke AS, Walz memilih untuk mengajar dan menjadi pelatih di Alliance, Nebraska, di mana dia bertemu dengan istrinya, Gwen Whipple, sesama guru.

Dia menikah pada 1994 dan pindah dua tahun kemudian ke Mankato di Minnesota, negara bagian asal istrinya, di mana dia bekerja sebagai guru geografi dan pelatih di Mankato West High School.

Komitmen awalnya terhadap pendidikan membuka jalan bagi pemahaman yang lebih luas tentang tantangan yang dihadapi keluarga dan siswa Amerika dalam masyarakat saat ini.

Transisi Walz ke dunia politik ditandai dengan layanannya sebagai anggota Garda Nasional, termasuk penugasan ke Irak dalam mendukung Operasi Kebebasan Irak.

Pengalaman militer itu memperkaya perspektifnya tentang keamanan nasional dan urusan veteran.

Kehidupan Politik

Pada 2006, Walz memasuki dunia politik dengan memenangi kursi di Dewan Perwakilan Rakyat AS, mewakili Distrik Kongres Pertama Minnesota.

Selama 12 tahun, dia dikenal karena mengedepankan pendekatan pragmatis dan kemampuannya untuk menjembatani perbedaan partisan.

Sepanjang masa jabatannya, Walz memprioritaskan hak-hak veteran, reformasi perawatan kesehatan, dan inisiatif energi terbarukan, sering bekerja sama dengan pihak lain untuk mencapai hasil nyata.

Sebagai gubernur Minnesota sejak 2019, Walz semakin memperkuat komitmennya terhadap agenda progresif.

Kepemimpinan Walz selama pandemi virus corona ditandai dengan fokus pada kesehatan masyarakat, pemulihan ekonomi, dan pendidikan, yang memerlukan tindakan cepat dan tegas.

Kebijakan Walz selama periode penuh gejolak ini menunjukkan komitmennya terhadap kesejahteraan warga Minnesota dan menunjukkan kemampuannya untuk memimpin dalam situasi krisis.

Pemilu 2024

Pemilihan Walz oleh Harris sebagai pasangan cawapres dalam pemilihan presiden mencerminkan keselarasan strategis nilai-nilai dan gaya pemerintahan.

Pasangan ini ingin beresonansi dengan pemilih yang beragam, fokus pada isu-isu seperti perubahan iklim, akses perawatan kesehatan, dan keadilan sosial.

Saat negara bersiap untuk pemilu yang akan datang, catatan legislatif dan pengalaman eksekutif Walz diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap narasi kampanye, menekankan persatuan dan pemerintahan yang efektif.

Walz (60), membawa tidak hanya kebijaksanaan dari pengalaman tetapi juga visi enerjetik untuk masa depan.

Pemilu ini akan menjadi ujian bagi Partai Demokrat, dengan taruhannya lebih tinggi dari sebelumnya di tengah iklim politik yang terpolarisasi.

Dengan memilih calon dengan kredensial seperti Walz, kampanye Harris berupaya untuk melibatkan pemilih yang semakin fokus pada kepemimpinan yang otentik dan solusi praktis untuk masalah nasional yang mendesak.

Karier Walz menunjukkan dedikasi pada pelayanan dan keyakinan akan pentingnya kolaborasi.

Pemilihannya oleh Harris sebagai pasangan cawapres menunjukkan pendekatan proaktif terhadap tantangan pemilu yang akan datang, saat kedua calon berusaha menyatukan partai dan menggerakkan pemilih pada saat kritis dalam politik Amerika.

Peluang Melawan Kandidat Presiden Lain

Peluang Walz dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk sentimen pemilih, kondisi ekonomi, dan isu-isu kunci seperti perawatan kesehatan, perubahan iklim, dan keadilan sosial.

Partai Demokrat perlu menggalang dukungan, terutama di antara pemilih yang ragu-ragu dan kelompok demografis yang kritis untuk kesuksesan mereka.

Pengalaman Walz sebagai gubernur dan anggota Kongres memberinya platform yang solid untuk terhubung dengan pemilih.

Namun, dia akan menghadapi tantangan dari tokoh-tokoh yang sudah mapan dalam partai dan mungkin dari calon Republik yang populer.

Daya tariknya mungkin beresonansi dengan baik di negara-negara bagian yang diperebutkan, di mana catatan kepemimpinan dan pendekatannya terhadap kebipartitan dapat menarik basis yang lebih luas.

Sebagai calon dengan pengalaman terutama di tingkat negara bagian dan kongres, Walz mungkin menghadapi tantangan dalam menavigasi kompleksitas kampanye nasional, yang sering kali memerlukan sumber daya yang luas dan posisi strategis melawan calon yang memiliki daya tarik nasional yang lebih luas.

Sumber: Anadolu-OANA
Baca juga: Kamala Harris pilih Tim Walz sebagai calon wakil presiden AS
Baca juga: Kamala Harris, inspirasi pemimpin perempuan India di desa leluhurnya
​​​​​​​
Baca juga: Kamala Harris resmi menangi pencalonan presiden dari Partai Demokrat

 

Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024