Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mendukung pengambilan kerangka tentara Jepang yang meninggal dunia pada Perang Dunia (PD) II di wilayah kabupaten itu.

Pemkab Jayapura bersama perwakilan Pemerintah Jepang telah melakukan pertemuan untuk proses pengambilan kerangka atau tulang belulang tentara Jepang di daerah itu..

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Rabu, mengatakan pihaknya menyambut baik rencana tersebut dan mendukung sepenuhnya.

“Prinsipnya kami sebagai pemerintah daerah mendukung, namun ada hal yang perlu diingat adalah proses penghormatan kepada pemilik hak ulayat atau masyarakat adat,” katanya.

Menurut Penjabat Bupati, hal lain yang perlu diingat adalah Indonesia dan Jepang sama-sama negara berdaulat sehingga ini yang harus dipahami.

“Apalagi saat ini di wilayah Kabupaten Jayapura yang begitu kental terhadap adat istiadat sehingga menjadi catatan bagi kami dan Pemerintah Jepang untuk menghargai hal tersebut,” ujarnya.
 
“Ini yang kami tekankan supaya Pemerintah Jepang bersama-sama dengan pemerintah daerah harus dapat menjaga tradisi dan adat masyarakat setempat sehingga proses ini tidak terjadi hambatan,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk membantu semua proses pengambilan kerangka tentara Jepang di Kabupaten Jayapura.

“Hubungan baik antara Pemerintah Indonesia dan Jepang harus diikuti hingga ke pemerintahan daerah sehingga kedaulatan kedua negara terus terjaga dengan baik,” ujarnya.
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024