Kepada para pengasuh di SPN untuk tidak melakukan kekerasan baik secara fisik maupun verbal kepada siswa dan melakukan pendekatan secara humanis
Jakarta (ANTARA) -
Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo berpesan kepada 150 siswa Bintara Polda Papua yang dititipkan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto Polda Jawa timur untuk menjalin persaudaraan dengan siswa Bintara dari Polda Jawa Timur.
 
“Dari mulai paling ujung Ngawi sampai paling ujung Banyuwangi dari tengah itu Gresik sampai dengan paling atas itu daerah Trenggalek itu adalah saudara saudara kalian. Yang dari Jawa Timur, saudara-saudara kalian dari Papua ini adalah saudara-saudara kalian. Ini adalah sahabat-sahabat kalian, yang sama-sama berjuang untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, “ ucapnya dalam keterangan yang diterima, Selasa.
 
Dedi menambahkan bahwa para siswa Bintara ditempa di SPN agar siap menjalani tugas sebagai Polisi yang profesional dalam melayani masyarakat.
 
"Kepada para pengasuh di SPN untuk tidak melakukan kekerasan baik secara fisik maupun verbal kepada siswa dan melakukan pendekatan secara humanis, " ucapnya.
 
Sebanyak 150 siswa Bintara Polda Papua yang dititipkan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Mojokerto Polda Jawa Timur, Selasa (6/8/2024). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Dedi juga menekankan hal-hal yang perlu diperhatikan selama Pendidikan dasar yakni adaptasi budaya dan lingkungan.
 
"Kemudian penyertaan konteks asal daerah dalam pembelajaran, penguatan sistem Kesehatan, penguatan kemampuan dasar, program mentoring dan pembinaan serta penguatan wawasan kebangsaan, " katanya.
 
Dedi menjelaskan selain 150 siswa Bintara Polda Papua yang dititipkan di Polda Jawa Timur, 1.150 siswa Bintara Polda Papua lain juga dititipkan di Polda Banten, Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Tengah.
 
Sementara itu 965 siswa Bintara Polda Papua Barat juga dititipkan di SPN Polda Bali dan Polda Sulawesi Selatan.
 
"Setelah penutupan Pendidikan, Bintara remaja asal Polda Papua dan Polda Papua Barat akan melaksanakan program magang selama satu tahun di Polda-polda sesuai SPN Dimana dilaksanakan Pendidikan dan pembentukan (Diktuk) Bintara Polri, " ucapnya.
 
Sebagai informasi sebanyak 3.000 orang asli Papua menjalani Diktuk Polri tahun anggaran 2024 di 6 SPN yakni Polda Jawa Timur, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Bali dan Polda Sulawesi Selatan.

Baca juga: Polda Metro Jaya didik 852 siswa jadi polisi yang profesional
Baca juga: Pelantikan Bintara, Wakapolda: Berikan dedikasi terbaik kepada Polri

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024