IKN, Kalimantan Timur (ANTARA) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) tengah laksanakan pembangunan Jaringan Perpipaan Air Limbah Zona 1 dan Zona 3 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (KIPP IKN), tepatnya di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Proyek ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional dari Kementerian PUPR, yang bertujuan untuk mendukung pengembangan infrastruktur dasar di ibu kota baru, khususnya dalam hal pengelolaan air limbah yang ramah lingkungan.

IPAL 1 dan 3 KIPP IKN dikerjakan dengan skema konsorsium oleh WIKA - HK KSO, di mana porsi WIKA sebesar 55% dengan nilai total kontrak sebesar Rp 435,49 Miliar. Lingkup pekerjaan proyek ini meliputi pemasangan pipa di Zona 1 sepanjang 14.016 meter dan di Zona 3 sepanjang 4.901 meter. Detail pekerjaan lainnya termasuk pemasangan manhole, open trench, trenchless, HDPE, pump station, dan jalan inspeksi dengan tantangan banyaknya clashing (bersinggungan) dengan paket lain yang dituntut adanya percepatan.

Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito (BW), menekankan bahwa kualitas pekerjaan dan ketepatan waktu adalah faktor kunci dalam kesuksesan proyek ini. "Kami bertekad untuk menyelesaikan semua Proyek sesuai jadwal dan dengan kualitas terbaik, termasuk proyek jaringan perpipaan air limbah ini. Diharapkan proyek ini dapat meningkatkan sistem sanitasi dan kesehatan lingkungan di Ibu Kota Nusantara," tuturnya.

Melalui proyek ini juga, WIKA menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024