Normalisasi sungai menjadi salah satu program prioritas kami untuk menjaga kelangsungan ekosistem sekaligus menopang pasokan air areal persawahan. Beberapa sungai sudah tuntas, ada juga yang sedang berjalan
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan normalisasi beberapa sungai sebagai upaya mendukung serta memperlancar pasokan air ke areal pertanian guna meningkatkan produktivitas petani di daerah itu.

"Normalisasi sungai menjadi salah satu program prioritas kami untuk menjaga kelangsungan ekosistem sekaligus menopang pasokan air areal persawahan. Beberapa sungai sudah tuntas, ada juga yang sedang berjalan," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan, salah satu kegiatan normalisasi sungai yang sedang berjalan berada di Kali Balong Jati, Desa Karangsatu, Kecamatan Karangbahagia. Pekerjaan ini sudah dimulai sejak 24 Juni 2024 dengan target selesai pada 120 hari kalender.

Normalisasi Kali Balong Jati dilakukan mengingat aliran sungai itu menjadi pemasok utama air untuk areal persawahan yang mendominasi wilayah tersebut dengan luas lahan mencapai 625 hektare.

"Dengan normalisasi ini diharapkan dapat memperlancar perairan untuk kelangsungan siklus pertanian di wilayah itu," katanya.

Henri menyebutkan selain memenuhi kebutuhan air areal persawahan, normalisasi juga merupakan upaya pencegahan sekaligus antisipasi terhadap musim penghujan yang berdampak pada musibah banjir.

"Sangat berdampak karena di musim penghujan bisa meminimalisir agar tidak kena banjir. Karena memang kebetulan yang dinormalisasi adalah Kali Balong Jati sebagai kali pembuang atau kali alam," katanya.

Kepala Desa Karangsatu Sarim mengatakan normalisasi Kali Balong Jati merupakan salah satu usulan pembangunan yang sudah diajukan melalui musyawarah perencanaan pembangunan dalam beberapa tahun terakhir dan akhirnya dapat direalisasikan tahun ini.

"Kami juga sangat bersyukur dengan adanya normalisasi ini. Kegiatan normalisasi ini dilaksanakan mulai dari ujung Balong Jati sampai sepanjang kurang lebih hampir dua kilometer," katanya.

Mewakili masyarakat Desa Karangsatu, Sarim mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bekasi yang sudah merealisasikan usulan warga sehingga menjadi manfaat yang berdampak positif bagi para petani di wilayah Desa Karangsatu.

"Harapan kami ke depan pastinya pembangunan di wilayah Desa Karangsatu lebih ditingkatkan lagi," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bekasi tambah debit air di saluran untuk pertanian
Baca juga: Pemkab Bekasi jaga lahan pertanian tetap produktif
Baca juga: Pemkab Bekasi komitmen pertahankan 48.000 hektare lahan pertanian

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024