Pola angin di Perairan Sumatera Bagian Utara di pesisir sebelah timur, umumnya bertiup dari timur hingga barat daya, sedangkan di pesisir sebelah barat, umumnya angin bertiup dari selatan hingga barat laut. Angin bertiup dengan kecepatan 2-30 knot
Medan (ANTARA) - Stasiun Meteorologi Maritim Belawan mengingatkan nelayan dan pemangku kepentingan lainnya agar waspada terjadinya gelombang dengan ketinggian 2.5 hingga 3 Meter yang diprakirakan berpeluang terjadi di wilayah perairan Samudera Hindia barat Nias.

"Gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi Selasa malam hingga Rabu pagi," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Christen Novena di Medan, Selasa.

Baca juga: Gempa 5,3 magnitudo guncang Pesisir Barat Lampung hingga OKU Selatan

Pola angin di Perairan Sumatera Bagian Utara di pesisir sebelah timur, umumnya bertiup dari timur hingga barat daya, sedangkan di pesisir sebelah barat, umumnya angin bertiup dari selatan hingga barat laut. Angin bertiup dengan kecepatan 2-30 knot.

Gelombang di Perairan Sumatera Bagian Utara pada umumnya masuk ketegori sedang (1.25- 2.5 Meter) yang berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh,perairan Meulaboh- Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh, dan perairan Nias - Sibolga.

Sementara di perairan Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang - Banda Aceh, Perairan Lhokseumawe,Selat Malaka bagian tengah masuk kategori rendah (0.5 - 1.25 meter) dan Samudera Hindia barat Nias kategori tinggi (2.5 - 4 meter).

Baca juga: BMKG prakirakan 13 wilayah berpotensi dilanda hujan intensitas ringan

Sementara berdasarkan data dari BBMKG Wilayah I Medan, cuaca di Sumatera Utara pada Rabu (7/8) siang hingga sore berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Hujan dengan intensitas sedang terjadi di wilayah Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Samosir, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, dan sekitarnya

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat terjadi di wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan sekitarnya.

Serta pada dini hari berpotensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Pusat gempa magnitudo 3,5 berada di Kota Bogor 

Pewarta: Juraidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024