Jakarta (ANTARA) - Juara Piala Dunia Bola Basket Jerman mencapai semifinal bola basket putra Olimpiade untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Yunani dengan skor 76-63 di babak perempat final Olimpiade Paris 2024, Selasa.

Dalam pertandingan ini, Jerman yang sempat tertinggal di babak pertama mampu membalikkan keadaan dan menyingkirkan tim yang diperkuat dua kali MVP NBA Giannis Antetokounmpo dari kompetisi.

Jerman tertinggal hingga 12 poin di kuarter pertama, namun mampu menyamakan kedudukan menjadi 36-36 saat turun minum. Setelah pertandingan berlangsung sengit di kuarter ketiga, Jerman berhasil menguasai keunggulan di kuarter keempat untuk memastikan tempat di semifinal. Mereka akan berhadapan dengan pemenang dari pertandingan antara Prancis melawan Kanada.

Bintang NBA Giannis Antetokounmpo mencetak 22 poin untuk Yunani. Namun 18 poin dari Franz Wagner cukup untuk menjaga rekor tak terkalahkan Jerman dalam empat pertandingan selama kompetisi.

Wagner mengatakan bahwa seluruh tim Jerman bekerja sama untuk memperlambat Antetokounmpo.

"Itu lebih dari setengah hasil laporan pemantauan kami, jadi bagian besar dari persiapan kami," kata Wagner prioritas menahan bintang Yunani tersebut seperti dikutip AFP.

"Dibutuhkan semua pemain di lapangan untuk mencoba menghentikannya, tetapi saya pikir kami melakukan pekerjaan yang baik, terutama di babak kedua, setidaknya untuk mencoba menahannya."

Yunani memulai dengan sangat baik dan Antetokounmpo membawa optimisme bagi para pendukung Yunani dengan dunk yang memberi mereka keunggulan 16-4 di lima menit tersisa di kuarter pertama.

Baca juga: Jerman sempurnakan prestasi basket dengan medali emas 3x3 putri

Nick Calathes menemukan Antetokounmpo untuk alley-oop dunk kurang dari satu menit kemudian, diikuti dengan tembakan tiga poin yang memberi Yunani keunggulan 12 poin dengan kurang dari satu menit tersisa di kuarter pertama.

Namun, Jerman perlahan-lahan membalikkan keadaan, Franz Wagner dan Moritz Wagner masing-masing mencetak enam poin di babak pertama, dan menyamakan skor di babak pertama.

Dennis Schroder membuka kuarter ketiga dengan tembakan tiga poin yang memberi Jerman keunggulan pertama mereka dalam pertandingan tersebut. Setelah pertarungan sengit, tembakan tiga poin Isaac Bonga di buzzer mengakhiri kuarter ketiga dengan keunggulan Jerman 59-52.

Johannes Thiemann mengakhiri pertandingan dengan 10 poin, enam rebound, dan satu steal, sementara Schroder yang memulai laga dari bangku cadangan mencetak 13 poin dan delapan assist.

"Kami kesulitan dengan fisik mereka, tetapi saya pikir kelompok kedua kami masuk dan melakukan pekerjaan luar biasa di akhir kuarter pertama dan benar-benar memberi kami energi dan fisik untuk kembali ke permainan," kata pelatih Jerman Gordie Herbert.

"Kami membuat beberapa perubahan dengan rencana permainan defensif dan itulah yang kami lakukan sebenarnya."

Baca juga: Wembanyama bawa Prancis ke perempat final usai kalahkan Jepang
Baca juga: AS sapu bersih fase grup dengan kemenangan di atas 100 poin

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024