Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyelenggarakan pagelaran musikal hingga pasar rakyat dalam acara “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!” di area Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 22-24 Agustus mendatang untuk merayakan HUT Ke-79 Republik Indonesia.

“Gebyar BCA Merah Putih merupakan kegiatan perdana yang diinisiasi oleh Bakti BCA, dalam rangka melestarikan kekayaan budaya Indonesia dengan cara yang inovatif,” ucap EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn di Jakarta, Selasa.

Ia menuturkan bahwa acara tersebut akan menyuguhkan pagelaran musikal berjudul “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” di Ramayana Ballet Prambanan pada 24 Agustus nanti.

Baca juga: BCA beri diskon 30 persen untuk tiket konser 30 tahun band GIGI

Baca juga: BCA Syariah bakal luncurkan aplikasi mobile banking baru


Pentas tersebut akan menyajikan kisah pewayangan yang terinspirasi dari bermacam legenda yang disampaikan melalui tarian-tarian, lagu-lagu, dan musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Duta Bakti BCA Nicholas Saputra, Miss Supranational 2024 dan Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra, serta grup musik MALIQ & D'Essentials dijadwalkan untuk turut tampil bersama siswa-siswi dari sekolah binaan Bakti BCA dalam pertunjukan yang merupakan buah karya sanggar tari Swargaloka tersebut.

Masyarakat bisa mendapatkan tiket “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” yang tersedia dalam jumlah terbatas secara gratis melalui laman Loket.com mulai 13 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB.

Hera mengatakan bahwa pagelaran tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya dalam mendorong kesadaran akan pentingnya memelihara warisan budaya Indonesia, serta memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi para seniman Tanah Air.

Tidak hanya menghadirkan pertunjukan musikal, ia menyampaikan bahwa pihaknya juga mengadakan Pasar Kangen yang siap memanjakan lidah para pengunjung dengan berbagai sajian kuliner tradisional.

Sekitar 60 tenant UMKM akan hadir di pasar rakyat tersebut, termasuk berbagai UMKM binaan Desa Bakti BCA dan program Bangga Lokal BCA. Masyarakat dapat berkunjung ke Pasar Kangen di area outdoor Plaza Trimurti pada 22-24 Agustus mendatang sambil menikmati keindahan Candi Prambanan.

Selain itu, akan ada pula berbagai lomba 17-an serta penampilan dari sejumlah artis lokal, seperti Jogja Hip Hop Foundation dan Ririn Sinden Gemoy, untuk menambah keseruan acara Gebyar BCA Merah Putih tersebut.

Hera menyatakan bahwa tidak hanya untuk mempertahankan budaya, acara tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif dan ekonomi yang berlipat bagi UMKM lokal dan pelaku seni.

“Kami berharap acara ini dapat meninggalkan kesan yang mendalam dan menjadi langkah awal bagi lebih banyak aksi budaya dan dukungan nyata bagi UMKM dari Bakti BCA di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Baca juga: BCA sukses jadi merek dengan valuasi tertinggi di Asia Tenggara

Baca juga: Cara bayar tiket kereta api melalui mobile banking

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024