Serang (ANTARA) - Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko menerima penghargaan presisi Award dari Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (Lemkapi) atas program ngariung iman ngariung aman.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Saputra Hasibuan, di Serang, Selasa, mengatakan Kapolres Serang dinilai menunjukkan kepemimpinan publik yang mampu merangkul, mensinergikan kekuatan seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, aparatur sipil dan TNI sesuai program Presisi Kapolri.

"Penghargaan Presisi Award ini diberikan karena Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko memiliki banyak inovasi dan terobosan melalui program ngariung iman ngariung aman," katanya.

Menurut Edi, program ngariung iman ngariung aman ini sangat efektif dalam merubah citra Polri di mata masyarakat dan mendapat respons positif yang luar biasa karena rajin ke lapangan untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Kehadiran Kapolres yang humoris dan kocak di tengah masyarakat mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat. Ini efektif dalam merubah citra Polri dari yang awalnya ditakuti, kini malah ditunggu kehadirannya oleh masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya keberhasilan Kapolres dalam menjalankan program kerjanya tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh personel Polres Serang dan Polsek jajaran.

"Saya berharap program ngariung yang dijalankan Kapolres Serang ini bisa dilakukan oleh polres-polres lainnya di seluruh Indonesia. Karena program ini sesuai dengan yang dicanangkan Kapolri dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kapolres Serang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Lemkapi atas pemberian penghargaan Presisi Award terhadap program ngariung iman ngariung aman yang merupakan commander wish yang telah dicanangkan Polres Serang.

"Ngariung iman ngariung aman ini saya ambil dari kearifan lokal sehingga gampang didengar dan mudah dikenal oleh masyarakat, sekaligus kata ngariung memiliki makna tidak ada jarak dengan masyarakat," terangnya.

Kapolres menjelaskan program ini merupakan tugas pokok dan fungsi kepolisian. Namun dikatakannya, program ini kadang-kadang ada yang bukan tugas pokok kepolisian namun masih berkaitan dengan harkamtibmas, diantaranya pemberian bibit.

Selain itu, pengadaan pupuk serta penerangan lampu jalan dan mengatasi permasalahan-permasalahan sosial yang ada di masyarakat, khususnya soal ketenagakerjaan dan kemiskinan.

"Saya harus katakan keberhasilan tidak akan tercapai tanpa ada dukungan dan kerja sama dari rekan-rekan jajaran semua. Ke depan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara bersama-sama, bukan hanya program saya pribadi tapi juga program Kapolsek," katanya.
Baca juga: Kapolres Serang beri penghargaan kepada personel berprestasi
Baca juga: Kapolres Serang beri penghargaan personel ungkap sejumlah kasus

 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024