Saya mau bagikan ada tujuh tips sukses menuju kematangan karakter yakni kreatif, disiplin dalam belajar, mampu berkomunikasi dengan baik, siap mengambil risiko, bekerja keras, memiliki integritas tinggi, toleransi dengan sesama
Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan memotivasi taruna Akademi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) agar kuat dan bersemangat dalam menjalani masa pendidikan di sekolah yang berada di bawah struktur organisasi Kementerian Perhubungan.

"Semua itu ada prosesnya dan perjalanan harus dilewati dan dinikmati demi terjadinya suatu kematangan karakter,” kata  Gidion saat kuliah umum tentang "Peningkatan Soft Skill Sumber Daya Manusia (SDM) Transportasi" kepada seratus lebih taruna STIP di Jakarta, Selasa.

Dirinya juga membagikan tips-tips sukses mengelola karakter agar menuju pada tingkat kematangan.

“Saya mau bagikan ada tujuh tips sukses menuju kematangan karakter yakni kreatif, disiplin dalam belajar, mampu berkomunikasi dengan baik, siap mengambil risiko, bekerja keras, memiliki integritas tinggi, toleransi dengan sesama,” kata dia.

Menurut alumni Akademi Kepolisian 1996 ini setiap orang punya perjalanan hidupnya terkhusus para taruna STIP.

Ia mengatakan setiap orang membutuhkan acuan atau pedoman yakni etik yaitu pedoman yang berisi norma yang mengikat, etos yakni sikap, kepribadian, watak, karakter dan keyakinan dan logos yakni berpikir sesuai dengan nalar.

“Miliki etik, etos dan logos sebagai pedoman dalam hidupmu,” kata dia.

Dirinya berharap para Taruna STIP dapat menjalani kegiatan belajar dengan baik demi menggapai cita-cita dan harapan bangsa.

“Saya yakin masa depan kita akan lebih baik, khususnya para taruna yang seumur dengan anak saya di sini dapat menjadi tokoh-tokoh transportasi kelak,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya pengetahuan itu adalah kekuatan tetapi karakter lebih dari itu.

"Dengan terjemahan sederhana saja, kita telah mengetahui bahwa pengetahuan dan karakter itu sama-sama penting tapi karakter memiliki derajat lebih tinggi dari pengetahuan,” kata dia menjelaskan.
Baca juga: Polisi motivasi pelajar Jakut agar optimalkan potensi raih cita-cita
Baca juga: 175 personel Polres Jakut raih penghargaan kinerja dari Kapolda
Baca juga: Polisi tunggu jawaban Kejaksaan terkait kasus penganiayaan di STIP

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024