Gorontalo (ANTARA) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berkomitmen mewujudkan zona integritas sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan tata kelola kampus yang baik.

"Kami, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNG telah menyatakan komitmen untuk mewujudkan pembangunan zona integritas," kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Raflin Hinelo, MSi di Gorontalo, Selasa.

Baca juga: Kemendikbudristek: Zona Integritas wujudkan iklim kerja profesional

Ia mengatakan, upaya tersebut ditunjukkan fakultas itu dengan memberikan pemahaman serta penguatan tentang peningkatan kualitas dan tata kelola yang baik kepada dosen dan tenaga kependidikan melalui sosialisasi pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM.

"Integritas dan transparansi sangat penting dalam mengelola institusi pendidikan. Sebagai bagian dari upaya membangun tata kelola yang baik, kita perlu bersama-sama mewujudkan budaya kerja yang bersih dan profesional khususnya di fakultas ini," kata Raflin.

Baca juga: LLDIKTI X komitmen wujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi

Menurutnya terwujudnya zona integritas tidak hanya untuk mencapai predikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) tetapi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh civitas akademika khususnya kepada mahasiswa.

Selain itu zona integritas juga sekarang sudah merupakan bagian dari Indikator Kinerja Utama (IKU) 9 sehingga penting untuk dimaksimalkan.

Baca juga: Kemenpan RB percepat wujudkan Zona Integritas di bandara dan pelabuhan

Rektor UNG melalui wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni Prof. Dr. Muhammad Amir Arham, ME mengatakan, hadirnya zona integritas akan lebih memaksimalkan kinerja sebagai civitas akademika dalam memberikan pelayanan kepada publik khususnya mahasiswa.

"Dengan adanya sosialisasi ini kinerja kita akan lebih maksimal apalagi zona integritas sudah merupakan bagian dari IKU 9. Diharapkan penerapan zona integritas ini dijalankan dengan penuh sungguh-sungguh," kata Amir.

Baca juga: FEB UI canangkan zona integritas wujudkan birokrasi bersih

Sosialisasi zona integritas menghadirkan narasumber dari pihak eksternal universitas yakni Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo Adnan Wimbyarto.

Peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai standar dan kriteria untuk mencapai WBK/WBBM, serta strategi konkret yang dapat dilakukan di lingkungan FEB UNG. ***

Baca juga: Polda Sulut luncurkan layanan "Mapalus Whatsapp Bot" wujudkan ZI
Baca juga: BNPT bangun zona integritas wujudkan bebas korupsi

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024