Samarinda (ANTARA) -
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bekerja sama dengan 60 perusahaan di sekitar Ibu Kota Nusantara dalam menjamin layanan kesehatan para pekerjanya.
 
"Keberadaan RSUD Sepaku sebagai rumah sakit penyangga IKN, tujuan utamanya mencakup layanan kesehatan bagi pekerja konstruksi di IKN, yang terdiri dari pekerja dari perusahaan konstruksi induk hingga perusahaan subkontraktor," kata Direktur RSUD Sepaku Eka Wardhana di Penajam, Selasa.

Ia menjelaskan kerja sama ini untuk memastikan para pekerja di IKN mendapatkan akses layanan kesehatan yang mudah dan tertangani secara efektif.
 
"Dengan adanya kerja sama ini, kami dapat memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan prima sebagai rujukan awal pekerja IKN," kata dia.
 
Pihaknya terus berbenah untuk menjadi pusat pelayanan kesehatan yang andal di tengah gencar pembangunan IKN.

Ia menjelaskan dengan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp72 miliar Kementerian Kesehatan, RSUD Sepaku tengah melakukan peningkatan fasilitas yang ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Baca juga: RSUD Sepaku siaga menyangga layanan kesehatan Upacara HUT RI di IKN
 
Dia mengungkapkan peningkatan fasilitas ini meliputi pembangunan gedung baru empat lantai, penambahan ruang rawat inap, serta pengembangan unit gawat darurat (IGD) yang lebih lengkap.
 
"Kami juga akan melengkapi fasilitas ICU (Intensive Care Unit), NICU (Neonatal Intensive Care Unit), dan PICU (Pediatric Intensive Care Unit) untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien, terutama bayi dan anak-anak," ujar Eka.
 
Salah satu fokus utama RSUD Sepaku, katanya, menjadi rumah sakit trauma center.

Dengan fasilitas yang memadai dan tenaga medis yang kompeten, RSUD Sepaku siap menangani kasus kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, dan berbagai kondisi medis darurat lainnya.
 
"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat di sekitar IKN memiliki akses yang cepat dan mudah terhadap layanan kesehatan darurat," kata dia.
 
Setelah proses peningkatan fasilitas selesai, RSUD Sepaku akan meningkatkan status menjadi rumah sakit tipe C. Dengan status yang lebih tinggi, RSUD Sepaku akan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih luas dan kompleks.

"Kami optimistis bahwa RSUD Sepaku akan menjadi salah satu rujukan utama bagi masyarakat di kawasan IKN," ujar Eka.
 
Manajer PT Cipta Vera Mandiri Hepy Wahyudi selaku kontraktor pelaksana proyek pengembangan RSUD Sepaku menyatakan pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan proyek pembangunan sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan.
 
"Kami akan bekerja secara maksimal untuk memastikan bahwa proyek ini selesai tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan," kata dia.

Baca juga: RSUD Sepaku di Kota Nusantara dilengkapi layanan trauma senter
Baca juga: Pemerintah diminta bantu kekurangan dokter RSUD Sepaku, tunjang IKN
Baca juga: Kemenkes tingkatkan fasilitas kesehatan RSUD Sepaku layani pekerja IKN

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024