Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menjalin kerja sama untuk menjadi sponsor bagi Borneo FC, menandakan musim ketiga kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tim sepak bola dengan julukan Pesut Etam tersebut.

“Pupuk Kaltim dan Borneo FC memiliki cita-cita serupa, bersinergi untuk saling mendorong dan membantu perkembangan sepak bola di Tanah Air,” ujar Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo di Jakarta, Selasa.

Untuk menandai sinergi kedua pihak pada musim kompetisi BRI Liga 1 2024/2025 yang akan dimulai pada Jumat (9/8) mendatang, ia mengatakan bahwa serial dokumenter pendek berjudul “Winner in the Future” yang terdiri dari empat episode dengan total durasi 1 jam 17 menit akan dirilis.

Ia mengatakan bahwa seri dokumenter pendek tersebut menggambarkan perjalanan kerja sama pihaknya dan kesebelasan tersebut selama dua tahun terakhir. Nantinya, film seri dokumenter ini akan tayang di kanal YouTube Borneo FC dan Pupuk Kaltim.

“Lewat film seri dokumenter pendek ini, kita semua akan menjadi saksi bagaimana komitmen dan semangat dua entitas kebanggaan Kalimantan Timur bersatu untuk mengharumkan tidak hanya nama Kalimantan Timur di level nasional tapi juga Indonesia di level internasional,” ucap Budi.

Ia berharap penayangan karya dokumenter tersebut dapat menginspirasi lebih banyak lagi pihak untuk bersama mendukung kemajuan industri sepak bola nasional.

Selama dua tahun terakhir menjalin kemitraan dengan klub sepak bola yang bermarkas di Samarinda, Kalimantan Timur, tersebut, Pupuk Kaltim telah menyelenggarakan berbagai program pengembangan talenta muda sepak bola lokal.

Pada Desember 2023 lalu, BUMN tersebut bersama tim pelatih Borneo FC mengadakan coaching clinic untuk 100 murid dari 15 Sekolah Sepak Bola (SSB) di Bontang, Kalimantan Timur. Perseroan juga menyalurkan bantuan perangkat olahraga dan dana pembinaan senilai Rp5 juta untuk masing-masing sekolah.

Selain itu, Budi menyatakan bahwa pihaknya menyediakan fasilitas di Stadion Mulawarman untuk mendukung seleksi akademi Borneo FC U-16 pada Juni 2024 lalu yang diikuti oleh 144 peserta.

Tidak hanya pembinaan atlet muda, perseroan juga mendukung peningkatan prestasi bagi tim senior skuad Pesut Etam tersebut.

Berbagai prestasi pun dicapai oleh kesebelasan tersebut, termasuk menjuarai Regular Series BRI Liga 1 2023/2024, menjadi salah satu wakil Indonesia untuk berlaga di ASEAN Club Championship, serta meraih peringkat runner up Piala Presiden 2024.

“Alhamdulillah, prestasi positif ini tentu membanggakan, tidak hanya bagi kami di Pupuk Kaltim, tapi juga seluruh masyarakat Kalimantan Timur… Tak lupa, dukungan dan doa terbaik kami untuk skuad Borneo FC di musim yang baru. Semoga Borneo FC meraih hasil maksimal. Selamat berjuang!” kata Budi.

Direktur Utama Borneo FC Ponaryo Astaman menyambut baik dukungan dari Pupuk Kaltim untuk musim kompetisi mendatang. Ia pun menilai bahwa pencapaian positif yang pihaknya raih pada musim lalu tidak terlepas dari dukungan yang konsisten dari perseroan tersebut.

“Memasuki musim baru ini, kami optimis, bersama Pupuk Kaltim, kami tidak hanya bersinergi meraih prestasi positif, tapi bisa membawa perubahan dalam perkembangan sepak bola di Kalimantan Timur, khususnya pembinaan usia muda,” imbuhnya.

Baca juga: Borneo FC awali Piala Presiden 2024 dengan kemenangan 2-0 atas Persis
Baca juga: PKT resmi jadi sponsor Borneo FC

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024