Kota Mojokerto (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, terus mengebut pembangunan tunnel atau terowongan pejalan kaki yang menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, di Kota Surabaya, Selasa, mengatakan tunnel tersebut memiliki lebar 4 meter dan tinggi 172 meter.

"Pengerjaan tiang pancang TIJ-KBS sudah hampir selesai. Pengerjaan sempat terhenti lantaran menunggu pengerjaan pipa PDAM yang sempat bocor beberapa waktu lalu," ucapnya.

Ia mengemukakan, pada pekan ketiga Agustus semua tiang pancang akan terpasang secara pararel, sehingga pengerjaan lainnya bisa segera dilakukan.

"Ketika tiang pancang dikerjakan sudah mendekati KBS, maka bergeraknya akan lebih cepat. Kalau pancangnya siap, maka pengerjaannya akan lebih cepat," tuturnya.

Baca juga: DPRD Surabaya dorong pemkot bangun replika Jembatan Petekan

Untuk pengerjaan tunnel secara struktural ditargetkan selesai pada bulan September dan untuk pengerjaan arsitektur dan finishing tunnel ditargetkan selesai bulan Oktober 2024.

"Nanti akan kita lakukan pengecekan lagi pada bulan September, secara fungsional sudah berfungsi atau tidak. Fungsional ini artinya ketika struktur bangunan tunnel di TIJ sudah selesai sampai pintu masuk KBS bagian selatan," ucapnya.

Secara struktural, Wali Kota Eri mengatakan bahwa pengerjaan tunnel sudah mencapai 70 persen. Sehingga, saat tiang pancang sudah terpasang semua maka pembangunan akan tinggal melanjutkan.

"Pengerjaan tunnel kalau dari segi struktur sudah capai 70 persen, tinggal nunggu selesai strukturnya, pemasangan tiang pancang," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Surabaya beri ruang kepada komunitas kenalkan Kota Lama

Dia juga menginstruksikan agar gate atau pintu masuk bagian selatan KBS yang berada di depan tunnel direnovasi supaya lebih bagus ketika pengunjung masuk.

"Saya juga meminta kepada Asisten 1 berkoordinasi dengan Cipta Karya bagaimana pembangunan di KBS (pintu selatan). Supaya ketika keluar dari tunnel pengunjung bisa melihat kemegahan KBS. Jadi saat orang masuk dari tunnel menuju KBS terasa suasana yang berbeda," ucapnya.

Direktur Utama KBS Khoirul Anwar mengatakan bahwa renovasi gate selatan KBS akan dimulai ketika pengerjaan tunnel sudah terselesaikan. Saat ini pihaknya sedang membuat masterplan mengenai renovasi tersebut.

Baca juga: Pemkot Surabaya siapkan SERR jadi alternatif pengganti tol tengah kota

"Kita masih tahap pengajuan. Nantinya, akan menunggu finishing tunnel terlebih dahulu. Untuk time schedule finishing tunnel September, Oktober review. Setelah selesai untuk tunnel-nya baru saya akan langsung kebut renovasi di gate selatan," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024