Jakarta (ANTARA) - Dalam hitungan jam kick off Liga 1 musim 2024/2025 akan bergulir dengan pertandingan perdana yang mempertemukan sang juara Liga 1 Persib Bandung langsung berhadapan dengan jawara Liga 2 2023 PSBS Biak di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Bandung, Jumat (9/8).

Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia ini pernah menjadi momok bagi tim yang baru saja promosi.

Mereka yang menyimpan asa berbuat banyak usai euforia bersusah payah naik kasta dari Liga 2 menuju kasta tertinggi tapi harus menelan pil pahit kembali turun kasta di musim berikutnya karena tidak mampu bersaing dengan tim yang sudah lebih dulu bercokol di kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia itu.

Tim yang naik kelas ke Liga 1 dan kemudian tersungkur itu semisal RANS Nusantara FC yang memulai kompetisi dengan nama Cilegon United lalu diakuisisi Raffi Ahmad dan kawan-kawan berlaga di Liga 2 dan berhasil naik kasta bersama sang Juara Persis Solo dan Dewa United ke Liga 1 musim 2022/2023.

Pada musim kompetisi 2022/2023, perjalanan Rans FC dihadang kerasnya kenyataan berkompetisi di Liga 1 hingga mereka terjerembab di dasar klasemen di akhir kompetisi dengan 19 poin dari tiga kemenangan, 10 imbang dan 21 kekalahan dari 34 laga.

Hasil ini harusnya membuat mereka degradasi, tapi hal itu enggan terjadi karena kompetisi Liga 2 dihentikan akibat adanya tragedi Kanjuruhan Malang sehingga tidak ada tim yang promosi dan operator kompetisi tidak memberlakukan adanya degradasi di musim tersebut dan mereka pun tetap bisa berlaga di Liga 1 musim 2023/2024 meski berada di dasar klasemen.

Lalu memulai di musim berikutnya Liga 1 2023/2024, RANS FC harus bersusah payah untuk meraih hasil terbaik. Mereka tersangkut di peringkat ke-16 Liga 1 dengan meraih 8 kemenangan, 11 kali imbang dan 15 kekalahan dari 34 pertandingan yang mereka jalani dan membuat tim tersebut degradasi dari Liga 1 di musim ini.

Hal serupa juga pernah dialami Semen Padang FC. Tim berjuluk Kabau Sirah ini terdegradasi dari Liga 1 musim kompetisi 2017. Win Bernadino kala itu menjadi manajer tim mengarungi kompetisi di Liga 2 pada 2018 dengan tema bangkit akhirnya berhasil membawa tim ini lolos ke Liga 1 kembali di musim 2019. Tentu ini membuat asa pendukung Kabau Sirah untuk kembali menjalankan musim fantastis di Liga 1 musim depan.

Para pemain Malut United menjalani latihan menjelang laga terakhir putaran awal kompetisi Liga 2 2023-2024 kontra FC Bekasi City, Minggu (17/12/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)

Baca juga: Semen Padang agendakan tiga pertandingan uji coba sebelum Liga 1
Perjuangan Semen Padang di liga 1 nyatanya tidak sesuai dengan ekspektasi pendukung setia mereka. Setelah asa memuncak karena promosi lalu redup karena akhir musim tim yang mereka cintai terjerembab ke kasta kedua liga Indonesia.

Selain catatan negatif, ada juga tim promosi dari Liga 2 yang langsung melesat menjadi yang terbaik saat musim pertama mereka di Liga 1. Tiim promosi yang mencetak sejarah dan langsung menjadi jawara di musim perdananya, layaknya cerita di negeri dongeng yang menjadi kenyataan.

Mereka adalah Persik Kediri di musim kompetisi 2003 yang baru promosi langsung menjadi kampiun di musim pertamanya di kasta tertinggi sepak bola profesional.

Persik di musim 2003 yang dimanajeri Iwan Budianto menjadi tim kuat setelah berhasil meyakinkan sejumlah pemain bintang merapat ke tim yang berkandang di Stadion Brawijaya tersebut hingga menjadi kampiun di akhir musim.

Keajaiban tak sampai di sana, di musim selanjutnya ada juga Persebaya Surabaya di musim saat itu bernama Divisi Utama 2004 yang mana di tahun 2003 mereka berlaga di kasta kedua dengan nama Divisi I.

Usai promosi, tim Bajul Ijo diperkuat sejumlah bintang lapangan hijau seperti Danilo Fernando,Kurniawan Dwi Yulianto hingga Christian Carrasco membawa mereka menjadi kampiun di akhir kompetisi.

Sementara itu, di musim ini ada tiga tim berlabel tim promosi yakni sang juara Liga 2 PSBS Biak yang berjuluk Badai Pasifik. Kemudian Semen Padang FC dan peringkat ketiga Malut United.

Sejumlah pemain PSBS Biak saat melakukan latihan di Lapangan Batalyon 468 Biak (ANTARA/HO-Media officer PSBS Biak)
Baca juga: PSBS Biak tak gentar hadapi Persib pada pembukaan Liga 1 2024/25

Ketiga tim ini tampil menawan di kompetisi musim lalu tapi di musim ini tentu tak akan mudah mereka lalui. Selain lawan-lawan yang siap menggempur mereka habis-habisan, ada sejumlah regulasi yang akan membuat tim yang baru naik kelas ini harus menyesuaikan diri secara cepat.

Mulai dari regulasi delapan pemain asing yang bebas direkrut oleh masing-masing tim baik dari negara Asia maupun Non Asia dan hanya enam pemain asing yang bermain dalam starting eleven.

Regulasi ini menggantikan aturan musim sebelumnya yakni lima pemain asing ditambah satu pemain asing dari negara ASEAN. Regulasi ini tentu harus digunakan sebaik mungkin agar mereka bisa merekrut pemain asing berkualitas untuk bersaing di kompetisi yang ketat ini.

Selain itu, regulasi ini tentu membuat manajemen harus merogoh kocek agak dalam karena untuk mendatangkan pemain asing berkualitas membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen tim mengelola keuangan mereka untuk menghadapi kompetisi.

Setelah itu adanya penggunaan Video Assisstan Referre (VAR) yang akan diterapkan di musim kompetisi 2024 setelah adanya percobaan di musim lalu. Regulasi ini juga membuat tim promosi harus beradaptasi karena di musim lalu mereka tidak menggunakan aturan ini tentu ini akan menyulitkan sehingga mereka harus menyesuaikan diri secepat mungkin.

Tidak sedikit tim yang kagok dengan penerapan teknologi sepakbola ini bahkan ada ucapan VAR merusak keindahan sepakbola. Tapi mau tidak mau mereka harus siap dan seluruh tim yang bertanding akan menerapkan ini.

Kemudian regulasi setiap tim wajib memainkan satu pemain berusia di bawah 23 tahun selama 45 menit pertama dan ini akan membuat seluruh tim peserta Liga 1 menyiapkan pemain muda terbaik mereka agar tidak menjadi sasaran empuk bagi tim lawan yang memiliki pemain muda dengan grade A.

Baca juga: Pertandingan Persib lawan PSBS Biak jadi laga pembuka Liga 1 2024/2025

Selanjutnya: Percaya diri

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024