Jakarta (ANTARA) - Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) kembali akan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berhasil menerapkan praktik governansi terbaik dan inovatif.

Penghargaan tahunan bertajuk Anugerah Pandu Negeri 2024 tersebut akan diberikan kepada pemerintah daerah yang telah menunjukkan kinerja prima dalam peningkatan kinerja, kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah, demikian keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Ilustrasi rapat penentuan juara APN 2024, penilaian governansi sektor publik di Indonesia. (ANTARA/HO)

Rangkaian acara pemberian penghargaan tersebut akan berlangsung di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, pada Senin (19/8). Sejumlah pemerintah provinsi, kabupaten dan kota akan menerima penghargaan atas segala capaian mereka di berbagai aspek.

Penghargaan itu bertujuan untuk mendorong semangat inovasi di kalangan pemerintah daerah dan memberikan contoh yang baik bagi daerah lainnya. Penghargaan juga menekankan pentingnya peran inovasi dalam menghadapi tantangan global dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Kementerian PANRB dorong percepatan inovasi demi majukan daerah

Baca juga: Fraksi PDIP DPR: Jumlah kementerian harus sesuai good governance


"Inovasi merupakan kunci keberhasilan dalam membangun daerah yang maju dan berdaya saing," kata Dr. Irham Dilmy selaku Managing Director IIPG.

Melalui penghargaan tersebut, diharapkan semakin banyak pemerintah daerah yang terinspirasi untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Saat ini hampir setiap pemerintahan daerah di berbagai provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia telah melakukan berbagai terobosan inovasi daerah melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan berbagai peraturan turunannya.
 
Sigit Pramono selaku Ketua Umum IICD-IIPG menyampaikan Sambutan serta membuka rapat penentuan juara APN 2024 di depan Dewan Juri APN 2024. (ANTARA/HO)


Tidak hanya ditingkat kepala daerah, fenomena menciptakan terobosan inovatif dan kreatif telah berlangsung pada berbagai instansi di segala tingkatan.

Inovasi daerah sebagai bentuk pembaharuan dan solusi kreatif dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dibutuhkan guna memecahkan berbagai masalah dan memanfaatkan peluang yang ada di berbagai daerah. Demi menciptakan daerah yang maju, bermartabat, dan berdaya saing, diperlukan kesiapan yang matang dari pemerintahnya.

IIPG telah melakukan studi "Implementasi Governansi yang Baik di Sektor Publik: Studi Pemeringkatan di 548 Daerah" yang bertujuan menilai implementasi governansi sektor publik pada 548 pemerintah daerah (provinsi, kota dan kabupaten) di Indonesia agar tercipta pencapaian inovasi untuk peningkatan potensi daya saing daerah (competitiveness) berkelanjutan.

Hasil studi pemeringkatan 548 pemerintah daerah tersebut menjadi dasar diselenggarakannya Anugerah Pandu Negeri (APN) 2024 sebagai bentuk apresiasi bagi pemerintah daerah (provinsi, kota dan kabupaten) yang telah berhasil melakukan reformasi governansi dan inovasi menuju daerah yang unggul dan berdaya saing.*

Baca juga: Stafsus Menag: Kontrol media strategis wujudkan good governance

Baca juga: Bey minta pengelolaan hibah tahun 2024 dijalankan efektif dan efisien

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024