Tetapi kita nanti akan koordinasi dengan penyelenggara (HUT RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Tangerang (ANTARA) - Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) menambahkan jumlah pelayanan penerbangan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, sebagai mendukung kelancaran acara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

"Tetapi kita nanti akan koordinasi dengan penyelenggara (HUT RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN)," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, jika maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia melakukan penambahan jadwal penerbangan menuju Ibu Kota Nusantara ini berjumlah tujuh flight yang akan dimulai pada 16 Agustus mendatang.

Selain itu, sebagai memperlancar dalam perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kalimantan Timur, pihaknya akan menggunakan pesawat berbadan besar.

"Untuk penambahan penerbangan itu ada tujuh penerbangan untuk ke Balikpapan, itu biasanya kita tambah tiga penerbangan. Tapi kita juga sudah menyampaikan pesan ke pihak terutama panitia HUT RI di IKN. Dan kita akan menerbangkan jenis pesawat besar," jelasnya.

Ia mengungkapkan, selain meningkatkan jumlah penerbang ke IKN, Garuda Indonesia juga melakukan penambahan penerbangan rute-rute khusus pada perhelatan MotoGP Mandalika.

"Jadi MotoGP Mandalika kemudian dalam waktu dekat HUT di IKN dan WWF. Garuda akan mendukung kegiatan sekala nasional dan tentu saja akan ada rute-rute khusus," ungkapnya.

Irfan menegaskan, untuk melakukan kelancaran pihaknya telah berkoordinasi dengan penyelenggara dan Pengembangan Pariwisata Indonesia (Tourism Development Corporation atau ITDC) sebagai persiapan menjelang balapan di Mandalika dan IKN.

"Tapi kita juga sudah menyampaikan pesan banyak terutama Panitia HUT RI di IKN. Saya infokan pada pertama kali Mandalika dalam satu hari itu ada 23 penerbangan, jadi kita lihat dari kebutuhannya," kata dia.

Baca juga: Garuda Indonesia tambah jadwal penerbangan selama PON 2024
Baca juga: Garuda sambut pembentukan satgas penurunan harga tiket pesawat
Baca juga: Garuda Indonesia jadi "official airline" HUT Ke-79 RI di IKN

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024