Kita juga siapkan berbagai lomba untuk memeriahkannya seperti Kampung Banjar yang diikuti teman-teman kabupaten/kota, kelotok hias, lomba fotografi, dan e-sport (Mobile Legend),
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Dispar Kalsel) berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menghadirkan kembali Festival Budaya Pasar Terapung dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Ke-74 Provinsi Kalsel 2024.


Festival ini dilaksanakan selama empat hari mulai 14-17 Agustus 2024 mendatang dengan mengambil lokasi di kawasan sekitar siring 0 Km Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Kalsel Muhammad Syarifuddin di Banjarmasin, Selasa mengatakan, pelaksanaan Festival Budaya Pasar Terapung ini dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan dan berbagai macam lomba yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.

“Kita juga siapkan berbagai lomba untuk memeriahkannya seperti Kampung Banjar yang diikuti teman-teman kabupaten/kota, kelotok hias, lomba fotografi, dan e-sport (Mobile Legend)," kata Syarifuddin.

Untuk Kampung Banjar, ucapnya, Dinas Pariwisata Kalsel bekerja sama dengan Event Organizer menyiapkan stan-stan bagi Dispar 13 kabupaten/kota yang nantinya diisi dengan ciri khas dari masing-masing daerah.

“Jadi rekan-rekan dari kabupaten/kota dipersilahkan untuk mengisi apa yang ingin ditampilkan baik itu tentang informasi destinasi wisata unggulan, ataupun kuliner,” jelasnya.

Seperti tahun sebelumnya, ujar Syarifuddin, festival kali ini akan dimeriahkan oleh penampilan dari acil-acil (bibi) jukung (perahu kecil) Pasar Terapung Lok Baintan dengan atraksi-atraksi menariknya.

“Rencananya festival tersebut dilakukan pada 14 Agustus setelah peringatan hari jadi dan akan ada pembukaan Festival Budaya Pasar Terapung oleh Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor) diiringi atraksi acil-acil jukung pasar terapung di Sungai Martapura,” tuturnya.

Melalui Festival Budaya Pasar Terapung 2024 ini, dia berharap, dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat khususnya yang terkait dengan sektor pariwisata.

“Semoga acara ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sektor pariwisata seperti pelaku ekonomi kreatif, rental mobil, perhotelan, kuliner,” tuturnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024