Jakarta (ANTARA) - Doa iftitah merupakan salah satu bacaan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah takbiratul ihram dalam shalat. Doa ini memiliki keutamaan karena menjadi pembuka pintu kebaikan dan pelengkap ibadah shalat.

Secara bahasa, iftitah artinya pembukaan. Doa iftitah mengandung keutamaan yang besar dan ungkapan pujian kepada Allah SWT, pengakuan atas kebesaran-Nya, serta permohonan ampunan dan perlindungan.

Umat muslim dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk membaca doa iftitah setelah takbiratul ihram, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Setiap kali seseorang shalat, maka hendaklah ia membaca 'Allahu Akbar' (takbiratul ihram), kemudian membaca apa yang mudah baginya dari Al-Qur'an, kemudian membaca (doa) iftitah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan membaca doa iftitah, seorang muslim seakan sedang menghadapkan dirinya langsung kepada Allah SWT dalam keadaan yang bersih dari perasaan sombong dan syirik hati.

Doa iftitah

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahu akbar kabiroo walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa’ashiilaa, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin


Artinya: "Allah maha besar, maha sempurna kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah, pujian yang sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan petang. Kuhadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan penuh ketulusan dan kepasrahan dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, penguasa alam semesta. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikianlah aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim."

Inti dari doa iftitah adalah pengakuan penyerahan diri seorang umat secara total kepada Allah SWT. Dengan demikian, doa iftitah juga dapat diartikan sebagai doa pembuka sholat dan sebagai pembuka pintu langit. ​​​​

Selain itu, membaca doa iftitah dapat mengingat diri terhadap rasa syukur yang diberikan dan bentuk ikhtiar mendekat diri kepada Allah SWT dengan hati yang tulus dan ikhlas.


Baca juga: Bacaan doa iftitah dalam bahasa Arab dan latin serta keutamaannya

Baca juga: Doa-doa wudhu lengkap beserta bacaan Arab, latin, dan artinya

Baca juga: Keutamaan doa Nabi Yunus beserta bacaan arab, latin, dan artinya


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024