Saya berharap sinergi dan kolaborasi semua stakeholder  dapat terjalin dengan baik dan lancar sehingga iklim yang kondusif di wilayah hukum Polda Metro Jaya dapat terjaga dengan baik
Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto meminta stakeholder atau pemangku kepentingan untuk lebih bekerja keras  dalam menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada 2024.
 
“Di tengah Pilkada 2024 nanti, akan dilaksanakan juga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029. Tentunya hal ini merupakan momen penting yang akan menuntut fokus kerja kita lebih keras lagi dalam menjaga keamanan," katanya saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Mantap Praja Jaya 2024 di Gedung The Tribrata Jakarta Selatan, Selasa.
 
Karyoto menyebut wilayah hukum Polda Metro Jaya akan melaksanakan pemilihan tiga kepala daerah yaitu Gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, dan empat Wali Kota yaitu Depok, Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Bekasi serta tiga Bupati yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tangerang untuk itu diperlukan kerja sama yang baik.
 
“Saya berharap sinergi dan kolaborasi semua stakeholder  dapat terjalin dengan baik dan lancar sehingga iklim yang kondusif di wilayah hukum Polda Metro Jaya dapat terjaga dengan baik," ucapnya.
 
Kapolda juga menekankan pentingnya di era digitalisasi saat ini soliditas dan sinergitas dalam Pelaksanaan Pilkada 2024 guna meredam riak-riak yang timbul di tengah masyarakat yang berpotensi membuat suhu politik meningkat.
 
“Apabila ditemukan hal yang bersifat provokasi, menghasut, serta membuat ancaman agar segera dilakukan penetrasi baik secara media online maupun secara langsung,” tegasnya.
 
Selanjutnya Karyoto berpesan agar dalam mengamankan jalannya pelaksanaan Pilkada 2024 harus memperhatikan potensi kerawanan, jangan dianggap remeh (under estimate) dan laksanakan pengamanan sesuai  prosedur.
 
“Marilah kita samakan persepsi baik antara penyelenggara pilkada, pihak keamanan maupun pemerintah daerah agar seluruh tahapan pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar, adil dan transparan," ucap Karyoto.
 
Karyoto juga mengajak kepada stakeholder  untuk bersatu demi kepentingan bersama dan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Jakarta.
 
“Saya yakin dengan kerja sama dan partisipasi aktif semua pihak, kita mampu menyukseskan Pilkada 2024 demi mewujudkan visi dan misi bangsa Indonesia untuk masa depan yang lebih baik,” katanya.
 
Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, PJ Gubernur DKI Jakarta diwakili Kadishub DKI Syafrin Liputo, Kabinda DKI Jakarta, Wakapolda dan Para Pejabat Utama Polda Metro Jaya, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Kota DKI Jakarta serta Ketua KPU Jawa Barat dan Ketua KPU Banten.
 
Diketahui bahwa menjelang Pilkada serentak 2024 Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Mantap Praja Jaya 2024 selama 146 hari terhitung mulai 8 Agustus sampai 31 Desember 2024 dengan melibatkan 86.232 Personel gabungan dari Polri, TNI, dan Linmas.
Baca juga: Gerindra komunikasi dengan PKS-NasDem soal pengusungan RK di Jakarta
Baca juga: PAN ikut keputusan ketum KIM usung calon di Pilkada Jakarta dan Jabar
Baca juga: Kaesang berani lawan Ridwan Kamil-Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024