Hohhot (ANTARA) - Total volume serapan karbon dari hutan, padang rumput, dan lahan basah di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, sejauh ini telah mencapai 119 juta ton, yang menduduki peringkat pertama di negara itu, kata otoritas setempat.

Total cadangan karbon dari hutan, padang rumput, dan lahan basah di daerah tersebut telah mencapai 10,54 miliar ton, menduduki peringkat kedua di China, menurut biro kehutanan dan padang rumput daerah itu.

Penyerap karbon adalah segala sesuatu yang menyerap lebih banyak karbon dari atmosfer daripada yang dilepaskannya, dan hutan, padang rumput, serta lahan basah adalah sumber penyerap karbon.

Ma Qiang, wakil direktur biro tersebut, mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Mongolia Dalam telah mendorong upaya penghijauan lahan guna meningkatkan serapan karbon, meningkatkan upaya pemulihan ekologi untuk meningkatkan kualitas serapan karbon, dan menerapkan langkah-langkah untuk mempromosikan perdagangan serapan karbon, di antara langkah-langkah lainnya.

Ma menambahkan bahwa sejak 2023, Mongolia Dalam mencatat volume perdagangan penyerapan karbon mencapai 1,03 juta ton, dengan nilai perdagangannya melampaui 32,31 juta yuan.

Mongolia Dalam adalah kawasan fungsional ekologis terbesar dan terlengkap di China utara, dengan hutan, padang rumput, dan lahan basahnya berada di peringkat teratas negara tersebut.

China mengumumkan bahwa mereka akan mencapai puncak emisi karbon dioksida pada 2030 dan mencapai netralitas karbon pada 2060. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024