Ikebana terus berkembang, hingga saat ini terdapat lebih dari 3.000 sekolah Ikebana di dunia yang mengembangkan berbagai pola, teknik, dan gaya Ikebana
Jakarta (ANTARA) - The Japan Foundation Jakarta siap menyelenggarakan pameran ikebana di Jakarta yang pada tahun ini bertema "Branch of Happiness" pada 7 - 9 Agustus 2024  di Sakura Hall The Japan Foundation, Jakarta, Summitmas 2.

Pameran ini, seperti melalui keterangan resmi The Japan Foundation Jakarta, Selasa, akan menampilkan puluhan karya ikebana dari komunitas Ikebana International (I.I.) Chapter 224 Jakarta.

Pameran pada 7 Agustus 2024 dibuka pukul 13.30 - 16.30 WIB, lalu keesokan harinya pukul 09.30 - 16.30 WIB, sementara pada 9 Agustus mendatang pada pukul 09.30 - 12.30 WIB.

Pengunjung nantinya berkesempatan untuk melihat puluhan rangkaian ikebana dari lima aliran yang berkembang di Indonesia, yaitu Ikenobo, Ohara, Sogetsu, Misho-ryu, dan Ichiyo.

Selain menampilkan hasil karya ikebana, pameran ini juga akan menghadirkan kegiatan pendamping seperti demonstrasi Chanoyu yaitu upacara minum teh Jepang dan lokakarya Koi-bokuro (membuat kantung berbentuk ikan koi).

Seni merangkai bunga atau ikebana telah dikenal lama di Jepang lebih dari 600 tahun. Pada akhir abad ke15, seni merangkai bunga mulai menyebar luas ke masyarakat awam, bukan hanya kaum bangsawan atau kelas atas yang dapat menikmatinya.

Ikebana terus berkembang, hingga saat ini terdapat lebih dari 3.000 sekolah ikebana di dunia yang mengembangkan berbagai pola, teknik, dan gaya ikebana.

Melalui pameran ini, penyelenggara berharap agar publik dapat lebih mengenal dan tertarik untuk mendalami Ikebana serta seni dan budaya Jepang lainnya.
Baca juga: Parlemen Jepang puji pengelolaan sampah di Jakarta
Baca juga: Restoran Gyukatsu Kyoto Katsugyu buka cabang perdana di Jakarta
Baca juga: Isi akhir pekan dengan aneka makanan Jepang dan nikmati penutupan PRJ

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024