Jakarta (ANTARA) - Salah satu syarat sah dalam melakukan ibadah shalat bagi umat Islam yaitu telah melakukan wudhu. Wudhu merupakan bersuci dari hadas kecil yang dilakukan dengan membasuh anggota tubuh tertentu.

Sebelum hendak melakukan ibadah shalat, diperintahkan untuk dalam keadaan bersih dan suci dari najis. Wudhu merupakan kewajiban sebelum shalat untuk membersihkan diri, mulai dari basuh muka, tangan, kepala, hingga kaki.

Perintah kewajiban wudhu sebelum sholat telah dijelaskan dalam Surat Al-Maidah ayat 6 yang berbunyi:

"Wahai orang yang beriman, bila kalian hendak shalat, basuhlah wajah kalian, tangan kalian hingga siku, usaplah kepala kalian, dan (basuhlah) kaki kalian hingga mata kaki,”

Oleh sebab itu, wajib hukumnya melakukan wudhu sebelum shalat. Jika tidak melakukan wudhu, shalat tidak sah atau tidak diterima. Telah dijelaskan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

"Allah tidak menerima shalat salah seorang kamu bila berhadats sampai ia berwudhu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Penting bagi umat Islam bisa berwudhu dan menghafal doa wudhu. Dalam setiap tahap wudhu, muslim dianjurkan untuk membaca doa-doa wudhu ketika sedang bersuci. Berikut adalah doa-doa ketika berwudhu beserta artinya.

1. Baca bismillah dan niat wudhu
 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى
Bismillahirrahmanirrahim.
Nawaitul wudlû-a li raf‘il ḫadatsil asghari fardlal lillâhi ta‘âlâ.


Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil, fardhu karena Allah Ta‘la."

Baca juga: Rukun Islam, urutan serta penjelasannya
Baca juga: Rukun shalat dengan urutannya
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024