PT Vale berpotensi menjadi perusahaan besar yang menjadi tolok ukur dunia, dan saya berpesan agar PT Vale terus berkomitmen menjadi yang terbaik, dari Sulsel untuk dunia,
Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh memuji praktik pertambangan yang diterapkan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) selama 56 tahun beroperasi dan layak jadi tolok ukur perusahaan tambang di dunia.


Humas PT Vale Indonesia,
Vanda Kusumaningrum, Selasa, mengatakan, kunjungan singkat Prof.Zudan ke perusahaan PT.Vale menghadirkan kesan yang baik dan mengajak seluruh masyarakat serta pemangku kepentingan, mengikuti langkah PT Vale dalam menjaga lingkungan.

"Tuhan maha baik telah memberikan karunia kepada kita berupa kekayaan alam. Semua kebaikan yang telah kita ambil dari bumi harus dikembalikan, seperti yang telah dilakukan oleh PT Vale selama ini," kata Prof Zudan.

Berangkat dari kunjungan tersebut, Prof Zudan tidak ragu menyebut PT Vale akan menjadi perusahaan tambang besar dari Sulsel yang menjadi contoh perusahaan dunia.

"PT Vale berpotensi menjadi perusahaan besar yang menjadi tolok ukur dunia, dan saya berpesan agar PT Vale terus berkomitmen menjadi yang terbaik, dari Sulsel untuk dunia," jelasnya.

Kunjungan Prof Zudan diakhiri dengan melakukan penanaman pohon di area Nursery.

Katanya, budaya menanam pohon oleh PT Vale sebagai perusahaan tambang dan pengolahan nikel sangat baik, masyarakat dan pemangku kepentingan harus mengikuti budaya tersebut.

"Penanaman pohon ini sejalan dengan salah satu program Pemprov Sulsel, yaitu Sulsel Menanam dengan tujuan melestarikan lingkungan dan menjaga planet. Kami mendukung semua program PT Vale, karena sangat bermanfaat untuk kelestarian lingkungan dan masyarakat," jelasnya.

Dia menjelaskan, PT Vale tidak hanya menjaga lingkungan, tetapi juga berkontribusi pada aspek pemberdayaan masyarakat seperti kesehatan, pendidikan, dan perkembangan ekonomi di Luwu Timur.

"Hal seperti ini penting disebarluaskan agar menjadi role model dalam tata pengelolaan pertambangan di Indonesia. Sehingga masyarakat mendapatkan perspektif baru tentang dunia pertambangan yang tidak identik dengan kerusakan lingkungan, lantaran kita menemukan role model yang bisa menjadi tonggak tata pengelola pertambangan dari Sulsel," ujarnya.

CEO PT Vale Febriany Eddy mengatakan, sejak awal berdiri perseroan telah menerapkan pengelolaan tambang yang berkelanjutan, dan tolok ukur keberhasilan perusahaan tak lepas dari komitmen 3P, yaitu Planet, People, dan Profit.

Perusahaan tidak hanya mengejar keuntungan atau laba perusahaan, tetapi juga memanusiakan manusia, sekaligus menjaga keberlangsungan alam.

"Perusahaan sangat terbuka apabila ada yang ingin melihat langsung proses pertambangan PT Vale, dan kami menerima masukan untuk perkembangan perusahaan menjadi lebih baik karena kami sadar masih banyak kekurangan dalam operasi kami," katanya.

Febri melanjutkan, PT Vale terus berusaha mewujudkan masa depan tambang berkelanjutan, demi memastikan kelestarian lingkungan di tengah pemenuhan kesejahteraan masyarakat. "Tidak ada masa depan tanpa pertambangan dan tidak ada pertambangan tanpa kepedulian masa depan,” jelasnya.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024