Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep akan segera memberikan rekomendasi kepada mantan Kapolda Komjen Pol. Ahmad Luthfi untuk maju dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

"Jateng ini rekomendasi dari PSI akan segera kami berikan ke Bapak Ahmad Luthfi," ujar Kaesang dalam konferensi persnya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa.

Selain itu, dia mengatakan partainya belum menentukan untuk mendukung pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.

Menurutnya, dia masih perlu melakukan sholat istikarah untuk memohon supaya Allah SWT memberi petunjuk terhadap pilihan terbaik di antara pilihan-pilihan yang ada ataupun menghilangkan keraguan di hati dalam memilih agar tidak menyesal nanti.

"Untuk DKI kita sambil menunggu, masih menunggu, saya sendiri seperti Gus (Muhaimin Iskandar) bilang, mesti istikarah dulu," katanya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra mengumumkan mengusung Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024.

"Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Drs. H. Ahmad Luthfi menjadi bakal calon gubernur," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Muzani menepis isu dilantiknya Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian merupakan politik menukar tiket untuk diberikan kepada Ahmad Luthfi yang akan maju pada Pilkada Jateng.

Dia mengatakan bahwa partainya memutuskan mengusung Ahmad Luthfi ketimbang Sudaryono karena dianggap memiliki rekam jejak mumpuni dalam memahami kondisi Jateng.

Muzani menambahkan keputusan Partai Gerindra mengusung Ahmad Luthfi pada Pilkada Jateng 2024 telah dikomunikasikan dengan partai politik lain yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Keputusan ini tentu saja setelah kita berkomunikasi, berkoordinasi dengan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju dan akhirnya kita memutuskan ke Haji Ahmad Luthfi," katanya.

Muzani mengatakan bahwa Ahmad Luthfi akan pensiun dari jabatannya sebagai Kapolda Jateng guna mempersiapkan diri bertarung dalam kontestasi Pilkada Jateng 2024.

Diketahui, Ahmad Luthfi didukung oleh beberapa partai politik, seperti PAN, Golkar dan Gerindra.
Baca juga: PSI harap bisa kolaborasi dengan PKB pada Pilkada Jateng dan DKI
Baca juga: PKB sambut baik tawaran kerja sama PSI pada Pilkada 2024
Baca juga: PSI serahkan rekomendasi 13 bakal calon kepala daerah di Pilkada 2024

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024