Jakarta (ANTARA) - Iman dalam Islam berdiri di atas enam pilar dan hal ini diajarkan kepada umat Islam. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda Iman berarti percaya kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, dan takdir Ilahi, baik yang baik maupun yang buruk.

Berikut adalah 6 rukun iman:
  1. Iman kepada Allah Swt.
  2. Percaya akan adanya malaikat.
  3. Percaya kepada kitab-kitab Allah SWT
  4. Iman kepada rasul-rasul Allah.
  5. Percaya adanya hari kiamat.
  6. Iman kepada qada dan qadar.

Penjelasan dari keenam rukun iman:

1. Iman kepada Allah SWT

Kepercayaan kepada Allah SWT adalah fondasi yang menjadi dasar keimanan seorang Muslim. Sebagai seorang muslim kita harus percaya bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan, sang pencipta semesta alam, maha pengasih lagi maha penyayang dan mencakup seluruh 99 Asmaul Husna.

Disebutkan dalam Al Quran surat Fathir ayat 3 : "Wahai manusia! Ingatlah akan Rahmat Allah kepada kalian! Adakah pencipta selain Allah yang memberi rezeki kepadamu dari langit (hujan) dan bumi? Tidak ada yang berhak disembah selain Dia. Maka bagaimanakah kamu berpaling (dari-Nya)?"

Ayat di atas menjelaskan bahwa kita harus percaya kepada Allah SWT dan sifat-sifat-Nya dengan cara yang diajarkan dalam Al Quran dan Sunnah (ajaran Nabi Muhammad). Seorang muslim percaya bahwa Allah SWT memiliki nama-nama dan sifat-sifat yang hanya dimiliki oleh-Nya (Asmaul Husna). Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya.


2. Percaya akan adanya malaikat

Rukun iman yang kedua adalah kepercayaan kepada malaikat-malaikat Allah. Para malaikat adalah utusan-utusan Allah. Mereka diciptakan dari cahaya dan diciptakan, sebelum manusia, dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Penjelasan tentang malaikat tertuang melalui firman Allah SWT dalam surat Al-Anbiya' ayat 19-20 sebagai berikut:

"Dan orang-orang yang berada di dekat-Nya (yaitu para malaikat) tidak merasa sombong untuk beribadah kepada-Nya, dan mereka tidak merasa jemu (beribadah kepada-Nya). Mereka (para malaikat) bertasbih dengan memuji-Nya siang dan malam, dan mereka tidak pernah lalai (dari ketaatan)."

Baca juga: Rukun Islam, urutan serta penjelasannya
Baca juga: Rukun shalat dengan urutannya

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024